Email Gigi Benteng Perlindungan Akhir   [bonowallet]

Email Gigi Benteng Perlindungan Akhir  

PinkKorset.com, Jakarta – Lapisan terluar gigi yang sangat keras sekaligus rapuh ini melindungi gigi dari kerusakan.

Kendati email atau enamel gigi sangat keras tetapi mudah rapuh pada kondisi tertentu. Alhasil kerusakan gigi seperti gigi ngilu dan gigi berlubang (karies) tidak terhindari. Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia Udjianto Tedjosasongko, drg., Sp.KGA(K)., Ph.D menjelaskan, jaringan keras gigi (email) seperti tulang dapat tergerus (demineralisasi) sehingga pori-pori (tubuli dentin) di email membesar dan merangsang saraf pada bagian gigi terdalam (dentin).

“Kondisi ini ditandai gigi ngilu bila makan atau minum dengan suhu ekstrem (panas atau dingin),” katanya belum lama ini di Jakarta.

Drg. Udjianto menambahkan, demineralisasi email terjadi ketika rongga mulut kotor yang menyebabkan sisa makanan dan bakteri berfermentasi menghasilkan asam. Demineralisasi juga terjadi bila tekanan menyikat gigi terlalu kuat. “Sensitifitas gigi meningkat bila leher gigi turun atau terbuka (gigi abrasi) akibat salah arah menyikat gigi,” ujarnya.

Email merupakan lapisan terkuat tubuh manusia yang terbentuk sel-sel ameloblast dan mengandung air, senyawa kalsium fosfat, protein dan mukopolisakarida. Demineralisasi email yang dibiarkan dapat berlanjut menjadi gigi berlubang. Kondisi ini juga dipicu multifaktor, seperti karakteristik gigi, aktivitas mikroorganisme rongga mulut, waktu dan sisa makanan di gigi (substrat).

“Bahkan akibat karies bisa menjalar ke penyakit sistemik (gangguan jantung, diabetes, saluran pernapasan) karena bakteri terbawa dan menyebar ke pembuluh darah,” sambungnya.

Ia menambahkan, proteksi email gigi dapat dilakukan dengan pelapisan fluoride. Mineral ini banyak terkandung dalam pasta gigi dalam jumlah kecil namun kurang efektif melapisi email gigi. “Email dapat dilindungi dengan fluoride oles (topikal),” ucapnya.

[3m clinpro white varnish]

[3m clinpro white varnish]

Salah satu produk fluoride topikal yakni 3M Clinpro White Varnish yang mengandung 5% sodium fluoride dan tri-calcium phospate untuk menutup tubuli dentin, mengembalikan mineral gigi dan memaksimalkan penyerapan fluoride. Anda dapat memperoleh dan mengaplikasikan produk tersebut melalui dokter gigi. Penggunaan 3M Clinpro White Varnish dapat melindungi gigi hingga enam bulan tanpa memerlukan pasta gigi khusus sensitif. [ode]