Empat Gaya Pola Asuh Orangtua [indianexpress]

Empat Gaya Pola Asuh Orangtua

PinkKorset.com, Jakarta – Kesuksesan anak di masa depan, tidak terlepas dari pola asuh yang diterapkan orangtua.

Semua orangtua menginginkan anaknya sukses menjalani kehidupan. Untuk mencapai tujuan tersebut, mereka pun memiliki beragam metode atau cara mengasuh anak.

Menurut riset lembaga pendidikan bahasa Inggris EF English First, ada empat karakter orangtua yang menentukan cara pengasuhan anak. Yakni Ambitious Commander, Silent Achiever, Short-term Worrier atau Happy-Go-Lucky.

Riset yang dilakukan selama lima tahun tersebut tidak memberi penilaian benar dan salah tentang gaya pola asuh orangtua terhadap anak. Namun, lebih agar para orangtua dapat menyeimbangkan antara gaya mendidik dengan karakter anak.

“Sehingga anak nantinya dapat membentuk pribadi yang unggul,” kata Marketing Director EF English First Joris Satyadharma dalam keterangan pers yang diterima PinkKorset.com di Jakarta, Senin (22/8/2016).

Yuk, kenali Anda dulu.

Ambitious commander

Gaya pengasuhan ini memiliki tujuan yang jelas dan visi ideal bagi anak. Orangtua cenderung dominan dalam pengambilan keputusan untuk menentukan pendidikan atau keahlian tertentu bagi anak. Mereka memandang keberhasilan ketika anak berada di atas.

Silent achiever

Karakter ini memercayakan anak berkembang dengan pertumbuhan alami. Para orangtua dengan pola asuh ini memberikan segala hal yang terbaik dan membangun lingkungan yang menarik minat belajar anak.

Short-term worrier

Tipe ini memberikan kebebasan bagi anak dan menyediakan ‘pengaman’ bila mereka terjatuh. Mereka cenderung membandingkan performa anak lain sebagai tolak ukur dan menjadi khawatir ketika menyadari anak mereka mengalami ketertinggalan.

Happy-go-lucky

Orang tua dengan karakter ini memiliki kepercayaan besar pada kemampuan anak dan tidak khawatir tantangan anak di masa depan. Mereka berusaha membangun hubungan kuat, mendukung kebutuhan dan memastikan mereka hidup nyaman dan bahagia.

Lalu, manakah gaya pola asuh Anda?