Enno Lerian Bebaskan Anak Bermedsos

PinkKorset.com, Jakarta – Kebanyakan orangtua resah saat anaknya menjelajah media sosial. Namun, selebritas Enno Lerian punya sikap berbeda.

Mantan penyanyi cilik ini mengaku tidak membatasi anaknya, Bumi Pradipa Pria Untara, berselancar di dunia maya.

Anak hasil pernikahannya dengan Muhammad Nayaka Untara tersebut memang memiliki beberapa jenis media sosial, seperti facebookinstagram dan path. Ia pun berteman dengan jejaring sosial milik anaknya.

Namun, Bumi yang kini berusia 12 tahun, tidak terlalu aktif di medsos.

“Aku berteman sama Bumi di medsos, sama temen-temennya juga. Tapi memang anaknya jarang main dan gak terlalu aktif di medsos,” tutur Enno saat ditemui pinkkorset, di Jakarta, Sabtu (12/3/2016).

Enno tak memungkiri sempat khawatir, saat anaknya berselancar di dunia maya. Namun ia tidak pernah membatasi Bumi untuk mencari informasi di internet.

Ibu yang tengah mengandung anak ketiganya ini mengaku, sikap melarang bukan hal terbaik dalam mendidik anak. Ia pun selalu berusaha berkomunikasi dengan buah hatinya yang beranjak remaja tersebut.

“Yang paling penting sih aku selalu ngajak ngobrol Bumi, apalagi dia kan rasa ingin tahunya lagi besar banget. Aku kasih pengarahan dan penjelasan tentang hal-hal yang harus dia tahu,” jelasnya.

Enno juga bercerita ketika anaknya pernah ditawari situs porno oleh teman sekolahnya. Namun Bumi yang memang telah dibekali dan diajarkan pendidikan moral, menolaknya.

“Jaman sekarang susah batasin anak bermedsos. Yang paling penting kita harus beri tahu nilai-nilai dan norma-norma yang sesuai agama. Dengan begitu anak akan memahami dan memilah apa yang boleh dan pantas untuk dia lihat di media sosial.”

Meski awalnya sempat kesulitan untuk membuat Bumi mengerti, tapi berkat kesabaran dan bicara secara intens, Enno akhirnya bisa membuat anak paham akan batasan yang tak boleh dilanggar.