Festival Pesona Kuliner Nusantara 2016 [PinkKorset]

Festival Pesona Kuliner Nusantara 2016

Beragam makanan Nusantara dari puluhan propinsi akan disajikan di Mal Artha Gading, Jakarta selama 3 hari (14 – 18 April 2016).

Kementerian Pariwisata RI akan menyelenggarakan Festival Pesona Kuliner Nusantara yang pertama kali. Acara ini berlangsung di Mal Artha Gading, Jakarta Utara pada 14 – 18 April 2016.

Festival ini menampilkan 65 booth mewakili 24 provinsi dan 14 kabupaten/kota, komunitas kuliner, lembaga pendidikan kuliner dan asosiasi terkait kuliner, jasa boga serta industri terkait. Sedikitnya 49 jenis kuliner Tanah Air mewakili keunikan dari daerah masing-masing.

festival-pesona-kuliner-nusantara-2016-1Menteri Pariwisata Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc mengatakan, Festival Pesona Kuliner Nusantara 2016 adalah upaya pemerintah menjadikan kuliner sebagai Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia dalam rangka memenuhi target kedatangan 12 juta wisatawan mancanegara dan 260 juta pergerakan wisatawan Nusantara pada tahun ini.

Lebih lanjut, Arief menambahkan, kuliner sebagai salah satu bagian dari industri kreatif sangat berpengaruh bagi sektor pariwisata.

“Sebanyak 60% pendapatan pariwisata ditunjang industri kreatif. Sumbangan terbesar industri kreatif terdapat pada sektor kuliner, lalu urutan berikutnya fesyen, kerajinan, publishing dan desain arsitektur,” katanya saat peresmian Festival Pesona Kuliner Nusantara 2016 di Jakarta, Jumat (1/4/2016).

Sementara itu, perwakilan peserta Festival Pesona Kuliner Nusantara 2016 dari seluruh daerah Indonesia, Wakil Gubernur Kalimantan Barat Drs. Christiandy Sanjaya, SE.MM mengatakan, begitu berlimpah kekayaaan kuliner Indonesia ini perlu diperkenalkan di dalam negeri maupun di luar negeri.

Christiandy menambahkan, festival ini menjadi promosi pemerintah daerah untuk memperkenalkan kuliner masing-masing untuk meningkatkan wisatawan, khususnya wisman.

“Belanja minimal wisman sebesar 1.200 US Dollar untuk transportasi, akomodasi dan konsumsi beberapa hari serta 30% diantaranya dihabiskan untuk makan,” katanya.

festival-pesona-kuliner-nusantara-2016-2Festival Pesona Kuliner Nusantara 2016 menargetkan 30 ribu pengunjung dan total transaksi Rp1 miliar.

Guna meningkatkan animo masyarakat, festival ini menampilkan beragam hiburan meliputi tarian daerah, penampilan selebritas Tanah Air (Tasya, Lusy Rachmawati dan RAN)  dan demo masak interaktif 12 chef ternama.

Acara ini juga menghadirkan Lomba Foto Pesona Kuliner melalui Instagram @festivalkulinernusantara. Pengumuman pemenang dilaksanakan 8 April 2016 dan pemberian hadiah saat pembukaan Festival Pesona Kuliner Nusantara 2016 (14 April 2016).