Kegigihan Ibunda Jusuf Kalla [milesfilm]

Kegigihan Ibunda Jusuf Kalla

PinkKorset.com, Jakarta – Kegigihan perempuan berdarah Bugis ini menjadi inspirasi novel dan akhirnya diangkat ke layar lebar. Namanya Athirah dan ia ibunda Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Membesarkan 17 anak tentunya tak muda. Apalagi jika ia harus menerima kenyataan hendak dimadu oleh sang suami. Padahal di era 1950-an, perempuan Bugis lain umumnya diam dan pasrah ketika mengalami hal serupa.

Athirah pun berjuang mempertahankan rumah tangganya. Ketika rapuh, Jusuf Kalla yang biasa dipanggil Ucu, ikut membantu. Putra keduanya itu menjadi kekuatan di rumah tangga mereka ketika sosok ayah harus membagi waktunya.

Ucu melewati masa remajanya dalam kegamangan dan mencoba memahami apa yang terjadi dalam keluarganya. Ibu dan anak remaja yang saling bertumpu agar pilar keluarga tetap kokoh berdiri.

Kegigihan Ibunda Jusuf Kalla

Jatuh bangun Athirah ini sudah tertuang lebih dulu dalam novel karya Alberthiene Endah, produksi Noura Books. Miles film pun mengangkatnya ke layar lebar dan Riri Riza duduk di bangku sutradara.

Riri merasakan kedekatan saat membaca novel ‘Athirah’ karena latar cerita yang terjadi di tempat kelahiranya, Makassar.

“Saya merasa mengenal betul ruang keluarga yang digambarkan Alberthiene dengan sangat detail dalam novel ini,” tutur Riri dalam konferensi pers di Jakarta, awal pekan ini.

Athirah dan Ucu diperankan oleh Cut Mini dan Christoffer Nelwan. Soundtrack film dipercayakan pada Endah n Rhesa, sedangkan penata musik, Miles Film menunjuk musisi asal Makassar, Juang Malaya.

Film berdurasi 82 menit ini akan tayang pada 29 September 2016 di seluruh bioskop Indonesia.