Billy Lynn's Long Halftime Walk

Langkah Besar Tentara Muda

PinkKorset.com, Jakarta – Seorang tentara muda, Billy Lynn harus membuat keputusan sulit dalam hidupnya. Bertahan atau mundur dari tugasnya.

Menjadi tentara bukanlah cita-cita Billy Lynn (Joe Alwyn). Namun demi adiknya (Kristen Stewart), Billy harus masuk militer dan ditugaskan jauh ke Irak yang membawa dirinya pada peristiwa buruk. Billy kehilangan atasannya (Vin Diesel).

Meski begitu, Billy yang sukses membawa pulang timnya, Bravo Squad, menjadi pahlawan Amerika. Mereka melakukan perjalanan wisata sebagai tamu kehormatan hingga ditawari sebuah film untuk merekam jejak keberhasilan timnya di Irak.

Di perjalanan inilah Billy merasakan kegelisahan di dalam hatinya. Permasalahan keluarga dan trauma kehilangan saat pertempuran terus berlalu lalang dalam pikiran pemuda berusia 19 tahun ini.

Beberapa kali dirinya terlempar kembali dalam situasi di Irak dan rumahnya. Kata-kata bijak atasannya yang meninggal dalam perang serta permohonan sang adik untuk menghentikannya dari satuan militer membuat pergolakan batin.

Tak hanya adiknya, perempuan yang baru dikenal Billy dalam perjalanan cukup menyulitkan hatinya untuk melanjutkan tugasnya sebagai tentara. Demikian pula konflik dengan pengusaha yang ingin membiayai filmnya.

Semua konflik dalam dirinya membawanya pada satu keputusan berat. Keputusan apa yang Billy Lynn ambil?

Film ini diangkat dari novel berjudul sama karya Ben Fountain. Duduk di bangku sutradara adalah sineas kelahiran Taiwan yang menggarap film-film kelas dunia seperti Crouching Tiger, Hidden Dragon dan Life of Pi.

Satu hal yang membuat film ini sulit digarap adalah penggunaan kamera high frame rate pada 120 frame per detik, dalam format tiga dimensi dan resolusi 4K HD. Ini adalah film pertama yang menggunakan frame rate setinggi itu.

Sutradara Lee menempuh langkah berani ini karena ia ingin filmnya realistis dalam mengikuti perjalanan emosional tentara di medan perang. Proses syuting pun sulit, mereka harus melatih adegan per adegan sebelum merekamnya.

Sayangnya, tak banyak bioskop yang mampu mendukung format ini secara maksimal. Hanya ada enam di seluruh dunia. Diantaranya di New York, Los Angeles, Taipei, Beijing, dan Shanghai.

Film ini mulai tayang 11 November 2016 di seluruh bioskop Indonesia dengan durasi 110 menit.

Billy Lynn’s Long Halftime Walk

Sutradara: Ang Lee

Produser: Simon Cornwell, Stephenson Cornwell, Marc Platt, Tom Rothman, Rhodri Thomas, Ang Lee

Skenario: Jean-Christophe Castelli berdasarkan ‘Billy Lynn’s Long Halftime Walk’ oleh Ben Fountain

Pemeran: Joe Alwyn, Kristen Stewart, Chris Tucker, Garrett Hedlund, Vin Diesel, Steve Martin

Produksi: Bona Film Group, Film4 Productions, The Ink Factory, Studio 8, TriStar Productions

Distribusi: TriStar Pictures