Kisah Nyata Ledakan Anjungan Minyak

PinkKorset.com – Deepwater Horizon mengangkat kisah nyata mengenai kerusakan lingkungan akibat ledakan anjungan minyak lepas pantai pada April 2010 di Teluk Meksiko, pesisir Amerika Serikat (AS).

Tragedi lingkungan hidup ini termasuk yang terbesar di AS. Kebocoran minyak akibat ledakan kilang milik British Petroleum (BP) ini kemudian difilmkan dan sederet cast ternama membintanginya. Seperti Mark Wahlberg, Kurt Russell, John Malkovich, Kate Hudson, Dylan O’Brien, dan Gina Rodriguez.

Mike Williams (Wahlberg) adalah salah satu teknisi Deepwater Horizon. Ia bersama Jimmy Harrell (Russel) dan Andrea Fleytas (Rodriguez) adalah rekan tim eksplorasi. Aktivasi pipa minyak BP diundur karena pejabat perusahaan, Vidrine (Malkovich) enggan mengeluarkan uang ekstra untuk mengujinya.

Hal tersebut jadi salah satu penyebab ledakan. Belum lagi banyak malfungsi pada alat-alat di anjungan. Mulai dari telepon, penyejuk ruangan, hingga yang paling fatal adalah alarm deteksi bahaya. Evakuasi awak, yang merupakan sentral film ini, terhambat akibat hal-hal tersebut.

Anda tak perlu bertanya-tanya bagaimana persisnya kilang minyak meledak. Ada simulasi kebocoran dalam bentuk grafis komputer (CGI) yang sangat membantu untuk memahaminya. Efek yang apik ini disertai suara yang nyata, membuat ledakan terasa di depan mata.

Dari kualitas akting, sosok Jimmy terlihat lebih penting dan krusial karena ia berada di lapangan. Meski Mike juga banyak membantu kawan-kawannya, termasuk Jimmy yang sempat terluka parah akibat ledakan. Kesaksian Mike di pengadilan juga amat memberatkan BP.

Sebanyak 11 orang tewas dalam tragedi ini. Tumpahan minyak yang mencemari Teluk Meksiko diperkirakan mencapai 4,9 juta barel. BP harus membayar denda sebesar US$18,7 juta yang hingga saat ini memecahkan rekor denda terbesar oleh sebuah perusahaan di AS.

Deepwater Horizon

Sutradara: Peter Berg

Produser: Lorenzo di Bonaventura, Mark Vahradian, Mark Wahlberg, Stephen Levinson, David Womark

Skenario: Matthew Michael Carnahan, Matthew Sand berdasarkan ‘Deepwater Horizon’s Final Hours’ oleh David Barstow, David Rohde, dan Stephanie Saul

Pemeran: Mark Wahlberg, Kurt Russell, John Malkovich, Gina Rodriguez, Dylan O’Brien, Kate Hudson

Produksi: Participant Media, Di Bonaventura Pictures, Closest to the Hole Productuions, Leverage Entertainment

Distribusi: Summit Entertainment