Film Ghostbusters Dilarang Masuk Tiongkok [Ghostbusters]

Film Ghostbusters Dilarang Masuk Tiongkok

PinkKorset.com – Film Ghostbusters dilarang tayang di seluruh bioskop Tiongkok. Kenapa?

Lembaga sensor di Tiongkok ternyata tidak mengizinkan film tentang pemburu hantu ini tayang di negara tersebut. Alasannya, karena film terkait takhayul ini dinilai benar-benar tidak menarik untuk penonton di sana.

“Apalagi sebagian besar penonton Tiongkok tidak melihat film pertama dan kedua, sehingga tidak ada banyak pasar untuk film Ghostbusters di sana,” ungkap salah satu sumber kepada The Hollywood Reporter.

Ya, film pertama Ghostbusters yang rilis pada 1984, memang tidak tayang di Negeri Tiongkok. Meskipun Sony sudah menerjemahkan judulnya ke bahasa Tiongkok. Sekuelnya yang rilis pada 1989 pun bernasib sama.

Pada 2006, film Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest dengan lakon Johnny Depp, juga ditolak karena ada visualisasi hantu dan kanibalisme.

Selain film terkait takhayul, beberapa film yang vulgar dan mengandung unsur kekerasan berlebihan seperti Deadpool (2016) juga dilarang masuk.

Pelarangan ini tampaknya karena lembaga sensor di Tiongkok tidak memiliki sistem rating untuk menentukan golongan usia penonton pada sebuah film.

Bagaimanapun, dilarangnya film Ghostbusters di Tiongkok akan berdampak cukup besar terhadap pendapatan film ini. Apalagi Tiongkok adalah pasar terbesar kedua setelah Amerika Serikat.

Tahun ini saja, Tiongkok sudah menyumbangkan pendapatan yang tinggi untuk beberapa film Hollywood seperti Captain America: Civil War, Zootopia dan Warcraft.