Petualangan 5 Remaja Melindungi Lingkungan [My Journey]

Petualangan 5 Remaja Melindungi Lingkungan

PinkKorset.com, Jakarta – My Journey: Mencari Mata Air hadir di tengah krisis film lokal yang menghibur namun sarat edukasi. Seperti apa kisahnya?

Bermula dari empat remaja putri Chinta (Btari Cinta), (Celine) Celine Wahyudi, Cindy (Cindy Celine) dan Tasya (Dwi Tasya) mengisi liburan sekolah. Mereka mengajak teman sebaya asal New York, Lucas (Christopher V. Warren) yang tertarik pada mata air.

Mereka berpetualang membentang alam dan membelah hutan tanpa ditemani pemandu asal Flores yang menawarkan jasanya, Heronimus (Godfred Orindeod). Lima sekawan ini sangat yakin dengan naluri bertahan hidup di alam bebas.

Selain berpetualang, mereka juga menyusuri alam mencari Bunda Ully (Ully Sigar Rusady), nenek Cinta yang seorang aktivis lingkungan yang sedang bertugas di Desa Adat Cipta Gelar, Jawa Barat.

Apa yang terjadi pada petualangan mereka?

Film garapan sutradara sekaligus penulis cerita, Joko Nugroho ini sarat dengan nilai edukasi lingkungan hidup dan pesan moral. Tak banyak sineas berani mengambil tema film yang tidak populer ini.

Tidak mudah pula menyampaikan nilai-nilai pendidikan lingkungan dalam sebuah film. Namun film ini cukup berhasil menggugah dan membuka mata tentang pentingnya lingkungan, khususnya mata air.

Selain bahasa dan cerita yang mudah dipahami, pemandangan di film ini menyejukkan mata. Latar belakangnya adalah hutan lindung, kawasan suaka alam dan kawasan pelestarian alam yang memamerkan keindahan bumi Nusantara.

Prestasi sudah mulai diukir film ini melalui berbagai penerimaan internasional. Diantaranya Hollywood International Moving Picture Film Festival, Cordoba International Film Festival, Colombia, serta Kids First Film Festival.

Film yang sudah ditayangkan di 50 kota di AS ini akan diputar di empat ribu desa di Indonesia. Selanjutnya, My Journey: Mencari Mata Air rencananya akan dijadikan trilogi.

My Journey: Mencari Mata Air 

Sutradara: Joko Nugroho

Produser: Ully Sigar Rusady

Skenario: Joko Nugroho

Pemain: Btari Cinta, Celine Wahyudi, Cindy Celine, Dwi Tasya, Christopher V. Warren, Paramitha Rusady, Ully Sigar Rusady

Produksi: Vidi Vici Multimedia, Yayasan Garuda Nusantara

Distribusi: Vidi Vici Multimedia