Sebuah Renungan Bagi Para Ayah

PinkKorset.com, Jakarta – Ayah memikul tanggung jawab besar terhadap keluarganya. Dalam Sabtu Bersama Bapak, sosok Gunawan Garnida terus melakukan hal itu meski telah tiada.

Gunawan (Abimana Aryasatya) adalah sosok ayah yang menjadi panutan kedua putranya, Satya (Arifin Putra) dan Cakra (Deva Mahendra). Bagi istrinya, Itje (Ira Wibowo), ia memberi kekuatan dalam membesarkan buah hati mereka.

Keluarga Garnida memiliki kehidupan harmonis berkat kepemimpinan Gunawan yang arif dan hangat. Namun, mereka menghadapi ujian ketika Gunawan mengidap kanker dan divonis hidupnya tinggal setahun.

Tak ingin membiarkan anak-anaknya tumbuh tanpa pembimbing, Gunawan merekam setiap pesan yang ingin dia sampaikan pada anak-anaknya meski ia sudah tak ada lagi.

Maka setiap Sabtu, setelah kepergiannya, seluruh keluarga berkumpul dan memutar rekaman demi rekaman yang ditinggalkan Gunawan. Satya dan Cakra selalu bersemangat dan menyimak dengan serius.

Hingga beranjak dewasa, pesan-pesan ayahnya terekam dengan baik di kepala Satya dan Cakra. Namun tetap saja, rekaman bukanlah sosok ayah sesungguhnya. Bagaimana kedua lelaki ini menjalani hidup sesuai petuah ayah mereka?

Sabtu Bersama Bapak adalah adaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis Adhitya Mulya. Situs Goodreads mencatat 3.455 rating dan 867 review mengenai buku ini dan mengganjarnya dengan 4,29 dari 5 bintang.

Duduk di bangku sutradara adalah spesialis komedi Monty Tiwa. Selain film kocak seperti dua film Get Merried dan Aku, Kau, dan KUA, ia juga menggarap proyek serius seperti Denias Senandung di Atas Awan.

Basisnya yang novel membuat banyak dialog dalam film ini bisa Anda kutip dan jadikan petuah hidup. Segera saksikan di bioskop kesayangan!