Persahabatan Manusia dan Raksasa [youtube]

Persahabatan Manusia dan Raksasa

PinkKorset.com – Ukuran tubuh yang jauh berbeda dan bahaya yang selalu mengintai tidak menyurutkan perempuan sebatang kara, Sophie, bersahabat dengan seorang raksasa.

Bila masa kecil Anda gemar membaca buku cerita anak karangan Roald Dahl mungkin sudah tidak asing lagi dengan ‘The Big Friendly Giant’ (The BFG) yang terbit pada 1982.  Seorang anak perempuan yatim piatu yang tinggal di panti asuhan berjumpa dengan laki-laki tua raksasa dan bersahabat.

Kisah tersebut diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama melalui tangan dingin produser sekaligus sutradara ternama Hollywod, Steven Spielberg, di bawah produksi Walt Disney Pictures.

Seperti bukunya, The BFG juga menceritakan anak perempuan tanpa ayah dan ibu, Sophie (Ruby Barnhill) yang selalu kesepian di panti asuhan. Suatu malam saat Sophie tak mampu memejamkan mata, sekelebat bayangan hitam melintas di balik jendela besar di kamarnya.

Betapa terkejutnya Sophie melihat seorang kakek bertubuh besar setinggi rumah bertingkat mengenakan jubah, BFG (Mark Rylance). Saat kembali ke ranjang, jari-jemari besar masuk melalui jendela, membungkus Sophie dengan selimut. Dengan sigap BFG menuju rumahnya sambil membawa Sophie.

Rumah yang terlihat kecil bagi BFG ternyata tampak besar dilihat manusia. Rumah primitif sebesar gunung ini menyimpan segala perabot rumahtangga berukuran jumbo. Mereka bersahabat, namun BFG melarang Sophie kembali ke dunianya. Alasannya, sembilan raksasa jahat bermukim di sekitar rumah BFG. Mereka tidak segan-segan menyantap manusia.

Bagaimana nasib Sophie? Petualangan apa yang akan dihadapinya?

Film garapan Steven Spielberg memang selalu berbeda dengan mengangkat sisi imajinasi ke tingkat lebih tinggi. Misalnya saja gaya bicara raksasa yang berbahasa Inggris dengan pengucapan keliru. Tak ayal maknanya pun berubah yang mengundang gelak tawa penonton. Begitu pula efek visual yang memukau mata saat menampilkan dunia raksasa.

Semua terlihat mengasyikan, hanya saja rangkaian cerita yang terkesan tidak komplet terasa mengganjal. Riwayat para raksasa kurang tergambar jelas.  Sehingga perlu berkonsentrasi lebih saat menonton awal cerita. The BFG sangat pas disaksikan anak-anak maupun dewasa. Film berdurasi 117 menit ini cukup menghibur dengan adegan-adegan lucu.

The BFG

Sutradara: Steven Spielberg

Produser: Steven Spielberg, Frank Marshall, Sam Mercer

Skenario: Roald Dahl, Melissa Mathison

Pemain: Mark Rylance, Ruby Barnhill, Penelope Wilton, Jemaine Clement, Rebecca Hall, Rafe Spall, Bill Hader

Produksi: Walt Disney Pictures, Amblin Entertainment, Reliance Entertainment, Walden Media, The Kennedy/Marshall Company

Distribusi: Walt Disney Studios, Motion Pictures