Frodo: Hollywood Punya Masalah

PinkKorset.com – Aktor pemeran Frodo Baggins di trilogi Lord of The Rings, Elijah Woods, merasa kota tempatnya mencari nafkah itu punya masalah yang serius.

Sebelum dikenal sebagai si Hobbit Frodo, Elijah adalah aktor cilik. Artinya, lelaki kelahiran 28 Januari 1981 ini sudah mengenal Hollywood sejak masih kanak-kanak. Baru-baru ini saat diwawancarai, Elijah menuding pusat industri perfilman AS itu memiliki masalah serius dengan pelecehan seksual anak-anak.

elijahwood-macaulayculkin

Ibunda aktor berusia 35 tahun ini, Debra, selalu melarang putranya ‘bergaul’ seperti datang ke berbagai pesta atau apapun yang sedang ‘hip’. Namun tak berarti mereka tak tahu apa yang terjadi. Elijah menyebut adanya ‘ular sanca’ yang berusaha ‘memangsa’ aktor cilik.

“Sudah jelas, ada sesuatu yang besar terjadi di Hollywood. Semuanya terorganisir. Banyak orang yang punya kepentingan pribadi di industri ini,” kata Elijah, saat diwawancarai untuk mempromosikan film terbarunya, The Trust.

elijah-wood-01

Menurutnya, hal ini tidak tereskpos karena para korban tidak memiliki daya untuk bersuara. Selain dibungkam, kata Elijah, para korban bakal hancur hidupnya jika mengungkapkan hal tersebut. Faktanya, Elijah bukanlah aktor pertama yang blak-blakan mengungkap isu pedofilia di Hollywood.

Corey Feldman yang juga mantan aktor cilik, ketika diwawancarai pada 2011, membeberkan pelecehan seksual yang pernah ia saksikan. Saat masih berusia 14 tahun, Corey mengaku dirinya banyak ‘dikelilingi’ para predator seksual tersebut.

“Masalah nomor satu Hollywood, baik dulu maupun sekarang dan terus selamanya, adalah pedofilia,” katanya.

 

Terdapat sebuah film dokumenter bertajuk An Open Secret bikinan sutradara yang pernah menjadi nomine Piala Oscar, Amy Berg. Perempuan ini juga menggarap film mengenai skandal pelecehan seksual dan banyak mendapat pujian kritikus, Spotlight. Namun dokumenter Amy tak begitu mendapat perhatian.

Elijah yang pernah menyaksikan film itu berkata, An Open Secret hanya ‘menggaruk’ permukaannya saja. Menurutnya, ada banyak kisah yang bisa diungkapkan. Berdasarkan risetnya sendiri, Elijah pun menyadari hal semacam ini kemungkinan besar masih terjadi di Hollywood.

“Ketika masih polos, Anda tak tahu banyak tentang dunia. Saat ingin sukses, orang dengan niatan parasit akan melihat Anda sebagai mangsa,” paparnya. Elijah yang bersyukur tak pernah jadi korban menegaskan, pelecehan seksual di Hollywood harus didiskusikan dan diselediki dengan benar.