Good France 2016 Sajikan Gastronomi Prancis [PinkKorset]

Good France 2016 Sajikan Gastronomi Prancis

Pada Senin, 21 Maret 2016, Anda akan berkesempatan mencicipi citarasa Prancis di 22 restoran se-Indonesia. 

Berkat kerjasama Institut Prancis di Indonesia (IFI) – Kedutaan Besar Prancis di Indonesia dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia Prancis (IFCCI), acara Goût de France/ Good France 2016 digelar  Jakarta pada 20-21 Maret 2016.

Rangkaian Good France 2016 diawali dengan Gala Dinner bersama Chef Alain Passard di Hotel Raffles Jakarta pada 20 Maret 2016.

Sedangkan pada 21 Maret 2016, sebanyak 22 chef seluruh Indonesia dan lebih dari 1000 chef di lima benua akan memberikan penghormatan kepada masakan Prancis dan semangat berbagi yang dikandungnya, melalui sebuah menu yang terinspirasi dari kekhasan kuliner Prancis.

good-france3

Mereka akan menyiapkan makan malam ala Prancis di bistro kontemporer hingga haute gastronomie, untuk merayakan gastronomi yang merupakan warisan budaya dan identitas Prancis pada edisi ke-2 Goût de France/Good France di musim semi ini.

Setiap restoran akan menentukan harganya masing-masing, namun semua akan mendonasikan 5% dari hasil penjualan kepada lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang kesahatan dan lingkungan.

Sebanyak 22 restoran Prancis di Indonesia yang tersebar di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan Bali, turut merayakan acara ini.

Sedangkan 11 restoran Prancis di Jakarta yang berpartisipasi dalam acara ini adalah Amuz, Eric Kayser, Emilie, Immigrants Dining Room, Olivier, Lyon, The Edge, Avec Moi Restaurant and Bar dan Le Monde au Balcon.

good-france1

 

 

Masyarakat Prancis menganggap tradisi gastronomi atau makan-makan sebagai elemen penting. Tradisi ini menjadi praktik sosial merayakan momen penting, seperti pernikahan dan ulang tahun.

Praktik ini mempererat hubungan antar individu, teman dan keluarga. Jamuan makan bergaya Prancis membutuhkan waktu berjam-jam. Selain menyantap sajian appetizer, main course hingga dessert, ritual ini dimulai sejak perancangan menu, pembelian bahan dan padu padan dengan wine.

Selain makan malam, ada pula pemutaran film dokumenter Le repas gastronomique des Français – patrimoine culturel immaterial de l’hummanité serta talkshow bersama  Chef Alain Passard di Auditorium IFI Thamrin (21 Maret 2016).

Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste Corianne Breuzé mengatakan, gelaran makan malam serentak ini merupakan bentuk apresiasi kuliner Prancis dengan sajian khas Prancis dan nilai-nilai yang dikandung.

“Kuliner Prancis mengandung nilai semangat berbagi, kebersamaan, kebahagiaan berkumpul dan menyantap hidangan sehat,” katanya saat jumpa pers Goût de France/ Good France 2016: Festival Internasional Kuliner Prancis di Jakarta, Selasa (15/3/2016).

good-france2Konselor Kerjasama dan Kebudayaan Kedubes Prancis di Indonesia sekaligus Direktur Institut Prancis di Indonesia, Marc Piton menambahkan, penyelenggaraan Goût de France/ Good France 2016 menjadi sebuah jembatan persahabatan kedua negara.

“Event ini menjadi simbol persahabatan Indonesia-Prancis sekaligus salah satu awal ketertarikan dan keingintahuan budaya Prancis dan pemahaman kedua negara,” katanya.

Goût de France/ Good France merupakan bentuk apresiasi gastronomi Prancis yang telah dinobatkan sebagai Warisan Dunia UNESCO sejak 2010. Gerakan ini dipelopori chef Prancis Alain Ducasse dan Kementerian Luar Negeri dan Pembangunan Internasional Republik Prancis.

 

Info lebih lanjut, klik ifi-id.com