Hamil, Sebaiknya Minum Susu Apa? [bigthink]

Hamil, Sebaiknya Minum Susu Apa?

PinkKorset.com, Jakarta – Memasuki masa kehamilan, calon ibu dihadapkan pada banyak pilihan susu. Apakah susu segar atau susu khusus untuk ibu hamil?

Ibu hamil tentu mengharapkan kesehatan bagi dirinya dan janin yang dikandungnya. Mengonsumsi makanan penuh gizi menjadi pilihan mereka. Lalu bagaimana dengan asupan susu?

Selama ini, susu ibu hamil dianggap lebih lengkap ketimbang susu segar karena penambahan beberapa zat gizi (fortifikasi), seperti kalsium, protein, omega 3 dan asam folat.

Namun, Ahli Gizi Emilia E. Achmadi MS., RD mengatakan, tidak selamanya susu ibu hamil baik untuk dikonsumsi. Susu segar pasteurisasi juga dapat menjadi pilihan utama.

Menurutnya, produsen susu formula saat ini semakin pintar. Mereka memberikan gimmick yang membuat ibu hamil merasa nyaman mengonsumsi produk yang spesifik.

“Itu tidak benar. Memang ibu hamil butuh banyak kalsium dan protein. Tapi, ibu hamil butuh sesuatu lebih natural,” katanya saat diskusi media The Anatomy of Fresh Milk bersama Greenfields di Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Menurut ahli gizi yang berkecimpung lebih dari 17 tahun ini, susu segar pasteurisasi lebih natural ketimbang susu ibu hamil. Ini karena tubuh manusia lebih mampu mencerna dan menyerap nutrisi sealami mungkin.

Pendiri jasa konsultan online nutritionisme.com ini pun menambahkan, susu khusus ibu hamil terlalu banyak mengandung zat gizi sintetis yang memberatkan tubuh, sehingga sulit dicerna dan menghasilkan sisa metabolisme berlebih.

“Ini sebabnya konsumsi susu ibu hamil dapat mengakibatkan kegemukan yang tidak seharusnya.”