Hasil Uji Coba Aturan Ganjil Genap [PinkKorset]

Hasil Uji Coba Aturan Ganjil Genap

PinkKorset.com, Jakarta – Aturan pembatasan kendaraan ganjil genap telah diuji coba sepekan lebih. Apa hasilnya?

Uji coba aturan ganjil genap  dilakukan sebulan sebelum diberlakukan secara permanen pada 30 Agustus 2016. Sejak diuji coba dari 27-29 Juli kemarin, terdapat pengurangan kemacetan di daerah protokol, khususnya Semanggi-HI.

Ipda Adithia, selaku Petugas Satuan Penjagaan dan Pengaturan (Gatur) direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengungkapkan, bahwa terjadi volume penurunan kendaraan saat jam aturan ganjil genap berlangsung.

“Selama tiga hari, kemacetan berkurang sampai 30% di jalan raya Bundaran HI,” tuturnya kepada ¬†PinkKorset.com di Jakarta.

Angka tersebut tentunya tak didapat secara instan. Ratusan kendaraan roda empat yang melanggar aturan, telah mendapat teguran hingga terjadi penurunan dari hari kehari.

Pada hari pertama uji coba, terdapat 500 kendaraan yang melanggar. Di hari berikutnya turun menjadi 400 pelanggar dan di hari ketiga turun ke 300. Angka pelanggaran pun diakuinya terus berkurang hingga kini.

Kebanyakan pelanggar beralasan tidak tahu sampai lupa tanggal. Meski tak sedikit pula yang melanggar karena mengganggap aturan masih diuji coba dan belum diberlakukan. Hal itu membuat pengendara tak segan jika hanya mendapat teguran.

Namun, Ipda Sethiadi optimis dengan aturan ganjil genap. Jika aturan ini sudah berlaku, maka pengendara akan berpikir ulang untuk melanggar karena diberi sanksi yang tegas sesuai undang-undang.