Hati-Hati Bila Testis Bayi Tidak Turun [thejeppsons.blogspot]

Hati-Hati Bila Testis Bayi Tidak Turun

PinkKorset.com, Jakarta –  Para orangtua sebaiknya mewaspadai bila testis bayi Anda tidak berada pada kantung  buah zakar.

Bayi laki-laki memiliki testis yang menempel di perutnya, saat berada dalam rahim ibu. Seiring mendekati masa persalinan, testis bayi mulai turun dan berada di dalam kantung buah zakar.

Namun, dalam beberapa kasus, salah satu testis bayi tidak berada pada kantungnya, karena terlambat turun atau tidak cukup waktu menggantung ke bawah.

“Bila dibiarkan testis tidak berkembang sehingga produksi sperma tidak bagus. celakanya kondisi ini berpotensi menjadi kanker testis,” ujar Spesialis Urologi RSU Bunda Jakarta dr. Sigit Solichin, SpU kepada Pinkkorset usai media gahering bertajuk Pilihan Pekerjaan bisa Berdampak pada Infertilitas Pria di Jakarta, Jumat (12/8/2016).

Ia menambahkan, kondisi ini sebenarnya tidak mengganggu anak pada masa pubertasnya. Namun, bila kedua testis tidak turun dan semakin mengecil hingga anak di atas umur 15 tahun, maka fungsi hormonal terganggu.

Kendati kasus seperti ini jarang, tetapi dr. Sigit menyarankan orangtua mengambil tindakan pengobatan setelah bayi ditemukan kejanggalan tersebut.

Operasi penarikan testis ke bawah (orkidopeksi) pada bayi berumur satu tahun menjadi satu-satunya solusi. “Ini operasi khusus. Satu sampai dua hari, anak sudah bisa pulang ke rumah,” tutupnya.