Sebaiknya Hindari Makanan-Minuman Ini [economicstudents]

Sebaiknya Hindari Makanan-Minuman Ini

PinkKorset.com – Ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari demi kesehatan. Bahkan, jika bisa, sebaiknya Anda berhenti mengonsumsinya.

Banyak yang bilang, tak ada makanan yang benar-benar baik atau buruk. Fokus Anda adalah pada hasilnya terhadap kesehatan dan berat badan. Namun ada beberapa makanan yang sama sekali tak bernutrisi sehingga lebih baik dihindari.

Menurut para pakar nutrisi, seperti dilansir News.com.au, berikut beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya Anda hindari karena tak ada manfaatnya bagi kesehatan. Bahkan mereka menyarankan Anda berhenti mengonsumsinya.

Minuman Ringan (Soft Drink)

Ini tak mengejutkan. Minuman ringan adalah salah satu sumber konsentrat gula. Sebotol minuman ringan 600 ml sama saja mengonsumsi 13 sendok teh gula putih. Belum lagi sifatnya yang asam dan merusak gigi. Anda mengira diet soda pilihan yang baik? Salah besar. Meski tak ada gulanya, diet soda tetap mengandung pemanis buatan. Selain meningkatkan kadar gula darah, menambah nafsu makan dan keinginan mengonsumi makanan manis, minuman ringan berpotensi besar menyebabkan obesitas. Jika haus, utamakan air putih.

Crackers Beras

Nasi merah merupakan biji-bijian dan sumber nutrisi penting. Namun nasi putih yang diolah atau bahan dasar snack, bisa meningkatkan kadar gula darah. Sepuluh crackers saja mengandung karbohidrat yang lebih banyak ketimbang dua lembar roti kaya biji-bijian. Belum lagi pengawet dan perasa makanan buatan yang sama sekali tak baik bagi kesehatan.

Minyak Sayur/Nabati

Dalam hal ini yang dimaksud bukanlah minyak zaitun extra virgin. Namun campuran berbagai minyak yang hanya tertulis sebagai minyak nabati (vegetable oil) dalam daftar bahan baku pada makanan yang Anda beli. Sayangnya, minyak nabati ini bukanlah minyak zaitun atau minyak kacang yang baik. Bahan utamanya minyak kelapa sawit, jenis minyak jenuh yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Perkebunan minyak kelapa sawit juga merusak lingkungan. Minyak sayuran atau nabati macam ini biasanya bahan utama margarin atau selai cokelat yang amat disukai itu. Minyak ini tak mengandung nutrisi positif.

Makanan Panggang yang Dibekukan

Jenis makanan ini yang paling populer adalah donat atau pie, pastry Danish, dan berbagai hidangan penutup yang dibekukan serta dijual di supermarket. Selain mengandung lemak jenuh, juga banyak lemak trans. Lemak trans terbentuk ketika minyak sayur dalam makanan tersebut dipanaskan secara berlebihan. Jika Anda menyukai jenis-jenis makanan tersebut, tak ada salahnya belajar membuat sendiri di rumah. Jenis makanan pastry mengandung banyak lemak trans.

Mi dan Pasta Instan

Selain penuh pengawet, mi dan pasta instan juga dilengkapi perasa dan zat aditif. Secara nutrisi, makanan ini tinggi karbohidrat dan garam. Semangkuk mi instan mengandung lebih banyak garam ketimbang rekomendasi harian per orang. Sementara kombinasi pasta dan saus biasanya tinggi lemak, garam, dan perasa. MSG biasanya ditambahkan sebagai penyedap, pengawet, perasa, dan pewarna agar mirip seperti makanan aslinya. Sebaiknya Anda menikmati mi dan pasta yang dibuat segar, bukan versi diawetkan yang banyak dijual di supermarket.