Ikan Kurangi Risiko Demensia [averilpower]

Ikan Kurangi Risiko Demensia

PinkKorset.com – Ikan memang kaya manfaat bagi manusia. Anda yang berusia lanjut, disarankan untuk mengonsumsi ikan.

Bagi orang usia lanjut (lansia), manfaat ikan dalam melindungi kinerja otak lebih besar ketimbang dampak buruk yang diakibatkan kandungan merkurinya. Hal ini berdasarkan sebuah studi di Amerika Serikat (AS) mengenai otak.

Periset menemukan, lansia yang banyak mengonsumsi seafood memang memiliki kandungan merkuri yang tinggi otaknya. Namun, mereka tidak sakit karena zat berbahaya tersebut.

Ketika lansia memiliki gen yang berisiko memiliki Alzheimer, konsumsi ikan yang banyak malah menurunkan risiko mengembangkan penyakit tersebut.

“Ini kesempatan melihat kaitan konsumsi seafood dengan kesehatan otak lansia,” kata penulis studi ini, Martha Clare Morris dari Rush University Medical Center di Chicago.

Sayangnya, kata Morris, para lansia juga mengkhawatirkan kerusakan otak akibat kandungan merkuri saat mengonsumsi makanan laut.

Studi ini melibatkan responden lansia yang tinggal di Chicago. Studi yang berlangsung pada 2004-2013 ini meneliti lansia yang sering mengkonsumsi makanan laut yang kemudiang meninggal dunia.

Para lansia ini mengizinkan otak mereka diotopsi untuk kepentingan studi. Rata-rata, partisipan meninggal dunia pada usia 90 tahun dan mengisi kuisioner diet sekitar 4,5 tahun sebelum tutup usia.

“Tingkat konsumsi rata-rata makanan laut oleh para lansia ini  dua kali dalam sepekan. Memang, ada racun merkuri yang mempengaruhi kinerja otak,” imbuh Morris.

Sementara Edeltraut Kroger dari Universite Laval di Quebec City, Kanada mengatakan, ikan merupakan sumber omega-3 dan berperan penting dalam sel otak. “Bahkan, menjaga dari penyakit jantung.”

Morris kembali menegaskan, tak ada perawatan efektif untuk Alzheimer dan obatnya belum ditemukan. “Makan seafood mungkin sebuah cara untuk menurunkan risikonya,”papar Morris.