Alien Ancam (Lagi) Hari Kemerdekaan

PinkKorset.com – Di sekuel yang berjarak dua dekade ini, alien kembali menyerang Bumi tepat pada peringatan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (AS) alias Independence Day.

Di film pertama Independence Day (1996), alien menyerang Bumi tepat di Hari Kemerdekaan AS pada 4 Juli atau fourth of July. Di sekuel yang bertajuk Independence Day: Resurgence ini, setting masih tetap di Ibukota AS Washington DC, 20 tahun kemudian.

Kota tersebut sudah bernuansa futuristik karena manusia berhasil menggunakan teknologi alien. PBB menciptakan program pertahanan Earth Space Defense (ESD) yang dipimpin ilmuwan dari film sebelumnya, David Levinson (Jeff Goldblum). Militer disiagakan di luar angkasa, seperti di Bulan dan Mars.

Masalah muncul ketika sebuah sebuah pesawat alien yang utuh digali dan benda itu mengirimkan sinyal ke planet asalnya. Mantan Presiden Whitmore (Bill Pullman) mendapatkan visi simbol alien sejak berhadapan dengan mereka pada 1996 silam. Sebuah kapal pun muncul di dekat ESD.

Ternyata, alien datang lagi dengan kekuatan penuh dan jauh lebih cerdas. Selain menghancurkan berbagai kota, termasuk Washington DC, pesawat induk alien mengebor berbagai titik di Bumi. Presiden incumbent AS Elizabeth Lanford (Sela Ward) dan wapres terbunuh.

Pertempuran pun terjadi. Para jagoan berusaha melawan serbuan alien, dibantu para ilmuwan dan pakar. Berhasilkan manusia mengusir alien dari Bumi?

Kembalinya para bintang film pertama, meski minus Will Smith, tak membuat film ini kehilangan greget. Taburan bintang-bintang baru seperti Liam Hemsworth, Sela Ward, Jessie T. Usher, Maika Monroe, William Fichtner dan Angelababy malah menambah nuansa baru dan meluaskan cerita.

Sutradara Roland Emmerich juga kembali menunjukkan ciri khasnya dengan kehancuran massal. Efek spesial yang ia gunakan tidak tanggung-tanggung dan cukup menghibur penggemar genre ini. Pesawat alien superbesar juga terlihat jelas dan ada adegan kejar-kejaran pesawat ala Star Wars.

Film berdurasi 120 menit ini cocok untuk Anda yang menyukai aksi menghibur tanpa perlu memikirkan plot yang terlalu dalam. Selamat menyaksikan!

Independence Day: Resurgence

Sutradara: Roland Emmerich

Produser: Dean Devlin, Roland Emmerich, Harald Kloser

Skenario: Roland Emmerich, Dean Devlin, Nicholas Wright, James A. Woods

Pemeran: Jeff Goldblum, Liam Hemsworth, Bill Pullman, Maika Monroe, Travis Tope, William Fitchner, Charlotte Gainsbourg, Judd Hirsch, Jessie Usher, Brent Spiner, Vivica A. Fox, Angelababy

Produksi: Centropolis Entertainment, TSG Entertainment, Electric Entertainment

Distribusi: 20th Century Fox