Indonesia Tujuan Favorit Investor Asing [jakartajive]

Indonesia Tujuan Favorit Investor Asing

PinkKorset.com, Jakarta – Saat ini Indonesia menjadi pilihan favorit investor global kedua setelah Tiongkok.

Manajer Divisi Pemberdayaan Komunitas Departemen Komunikasi Bank Indonesia Oikos Mando Panjaitan mengatakan, Indonesia adalah incaran investor asing kedua setelah Tiongkok karena menjanjikan.

“Mereka (investor asing) yakin Indonesia punya prospek yang besar,” katanya di Jakarta baru-baru ini.

Anggapan prospek ekonomi besar di Indonesia terlihat pada beberapa aspek. Mando menambahkan, ekonomi Indonesia saat ini cukup besar ditunjang jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, kemampuan pemerintah mengendalikan inflasi dan kenaikan jumlah middle class.

“Yang menarik dari kita (Indonesia) yakni perubahan struktur ekonomi oleh pemerintah melalui budget reformulation yang konsisten,” katanya lagi.

Ia mengamati reformasi struktur ekonomi tercermin pada peralihan community base menjadi industri. Terlihat dari penurunan subsidi dan gencarnya pembangunan infrastruktur di Jakarta dan di daerah-daerah.

Perubahan ini dapat diamati dari ketahanan ekonomi Indonesia dari gejolak ekonomi global. Walapun konsekuensinya melambatkan pertumbuhan ekonomi. Pada 2014 pertumbuhan ekonomi Indonesia terkoreksi 5%. Sementara 2015 lalu menurun menjadi 4,8%.

“Ini lebih disebabkan percepatan proyek infrastruktur,” ucapnya.

Lebih lanjut, Mando menambahkan perlambatan ini tidak memberikan persepsi negatif investor asing karena Indonesia justru sedang membangun ekonomi melalui infrastruktur, pendidikan dan kesehatan.