Inikah Penyebab Utama Kelahiran Prematur? [prematurebaby]

Inikah Penyebab Utama Kelahiran Prematur?

PinkKorset.com – Kelahiran bayi prematur di Amerika Serikat (AS) ternyata berhubungan langsung dengan polusi udara. Kok bisa?

Hal ini terungkap dari sebuah analisis baru-baru ini. Menurut peneliti yang menganalisis data kualitas udara dan catatan kelahiran, sekitar 16 ribu bayi lahir lebih awal setiap tahunnya akibat polusi udara.

Biaya yang ditimbulkan per tahunnya akibat kelahiran prematur mencapai US$3,6 miliar untuk kehilangan pendapatan dan produktivitas serta kerugian secara fisik dan mental.

Selain tambahan US$760 juta untuk perkiraan kerugian untuk perawatan dan penanganan medis serta penggunaan obat.

Polusi udara menjadi penyebab utama kelahiran prematur yang langsung berpengaruh terhadap biaya medis pada tahun pertama kehidupan bayi. Seperti penanganan intensif di rumah sakit.

“Juga kerugian atau kehilangan pendapatan dan produktivitas dari orang tua,” ujar ketua tim peneliti dan juga penulis di jurnal kesehatan, Dr. Leonardo Trasande, dari New York University School of Medicine, di kota New York.

Kehamilan biasanya memiliki jangka waktu 40 minggu dan bayi yang lahir setelah 37 minggu merupakan kelahiran normal. Dalam beberapa minggu setelah kelahiran, bayi prematur biasanya memiliki masalah dengan pernafasan dan pencernaan.