Pertarungan Dua Sisi Sang Grandmaster [screenrelish]

Pertarungan Dua Sisi Sang Grandmaster

PinkKorset.com – Lima tahun lamanya penggemar menanti Ip Man 3. Seri film semi biopik ini mengangkat orang yang membawa seni bela diri tradisional Wing Chun ke tingkat dunia.

Ip Man 3 mengambil celah masa 1959-1960, sebuah ‘bagian yang hilang’ dan belum diceritakan dalam Ip Man (2007), Ip Man 2 (2010), The Legend Is Born: Ip Man (2010) dan Ip Man: The Final Fight (2013).

Wilson Yip yang menggarap dua filmm pertama, kembali menduduki kursi sutradara. Wilson memang yang sukses membesarkan Donnie Yen sebagai bintang film martial arts terkemuka lewat SPL: Kill Zone (2005), Dragon Tiger Gate (2006) dan Flash Point (2007).

Terdapat perbedaan menyolok pada Ip Man 3. Pertama, kehadiran mantan petinju Mike Tyson sebagai lawan tangguh. Sang Ip Man juga harus memilih antara membawa nama besar Wing Chun atau menemai istrinya di rumah sakit karena mengidap kanker.

Sosok bersahaja Ip Man juga terasa lebih hidup. Selain tangguh karena mahir bela diri, ia juga lebih emosional karena anaknya diculik dan istrinya sakit keras. Hadir pula sosok Bruce Lee, diperankan Danny Chan, sebagai murid Ip Man pada 1960-an.

Konflik muncul saat sekolah anak Ip Man diteror anak buah taipan asing, Frank (Mike Tyson), yang hendak menguasainya. Ip Man yang berusaha menyelamatkan sekolah itu mendapat banyak bantuan.

Salah satunya dari Cheung Tin Chi (Zhang Jin), penarik becak sekaligus petarung jalanan yang memiliki ilmu bela diri serupa Ip Man. Ia memang hendak menguasai para master dan menantang Ip Man berduel merebut master Wing Chun.

Pada akhirnya, terjadi pertarungan sengit antara Mike Tyson dan Donnie Yen yang digambarkan sangat apik pada jarak dekat dengan angle pengambilan kamera yang memukai. Detil-detil kecil amat diperhatikan dalam duel mereka.

Ip Man 3 ini memang sebanding dengan pencapaian yang ditunjukkan Wilson Yip di dua film sebelumnya. Kualitas tinju Mike Tyson dalam menghadapi Donnie Yen patut diacungi jempol walaupun tidak banyak bicara.

Sekian lama tak tampil di layar lebar, baru kali ini Mike Tyson tampil dalam sebuah film laga dan bertarung langsung dengan Donnie Yen. Adapun hubungan Ip Man dengan sang istri hingga meninggal terasa pas mengimbangi porsi adegan laga yang ‘berlimpah’ di film ini.

Ip Man 3

Sutradara: Wilson Yip

Produser: Raymond Wong

Skenario: Edmond Wong

Pemeran: Donnie Yen, Zhang Jin, Lynn Hung, Patrick Tam, Karena Ng, Kent Cheng, Byran Leung, Louis Cheung, Danny Chan, Mike Tyson

Produksi: Dreams Salon, Entertainment Culture, Pegasus Motion Pictures, Starbright Communications, Super Hero Films

Distribusi: Pegasus Motion Pictures