Irisan Lemon di Minuman, Segar atau Berbahaya? [community.tribesports]

Irisan Lemon di Minuman, Segar atau Berbahaya?

PinkKorset.com – Menambah irisan lemon akan menambah kesegaran minuman Anda. Namun, ternyata ada fakta mengejutkan di baliknya.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Health pada 2007 menunjukkan bahwa hampir 70% irisan lemon yang digunakan oleh 21 restoran yang berbeda, mengandung 25 spesies mikroba yang berbeda.

Para peneliti mengatakan, mikroba yang ditemukan pada irisan lemon tersebut bisa menularkan berbagai macam penyakit. Bahkan, menjilat irisan lemon dianggap sama kotornya dengan menjilat toilet.

Philip Tierno, PhD, profesor mikrobiologi dan patologi di New York University School of Medicine mengatakan, restoran seharusnya menyadari bahwa menambahkan irisan lemon ke minuman memungkinkan berkembangnya mikroba patogen.

Menurutnya, orang akan menyentuh lemon dalam gelas Anda, memegangnya, memotongnya, menempatkannya pada wadah atau gelas. Kemudian memilih irisan yang akan digunakan, dan meletakkannya ke dalam minuman atau menempatkannya di tepi gelas.

“Anda sebenarnya dapat dengan mudah melihat bagaimana irisan lemon itu terkontaminasi,” ujarnya.

Penulis buku The Secret Life of Germs tersebut menambahkan, kendati hal itu dikerjakan usai mencuci tangan, namun aktivitas mencuci tangan seringnya merupakan salah satu hal yang tidak dilakukan dengan baik, apalagi setelah menggunakan kamar mandi.

Namun, lanjut Tierno, bakteri dalam irisan lemon tersebut bisa dihilangkan, yakni dengan memberi alkohol secukupnya.