Jangan ‘Share Location’ di Medsos! [mashable]

Jangan ‘Share Location’ di Medsos!

PinkKorset.com – Bahaya selalu mengintai pengguna internet. Salah satunya, pengguna media sosial (medsos) yang tak sadar mereka membagi lokasinya ke seluruh dunia.

Banyak orang berspekulasi, lokasi Kim Kardashian West dilacak melalui postingan medsosnya. Hal inilah yang menyebabkan ia menjadi korban perampokan di Paris, Prancis, dan kabarnya, sempat ditodong dengan senjata. Teori ini masih spekulasi. Namun, ini bisa menjadi reminder bagi Anda yang aktif bermedsos.

Update terkecil saja sudah bisa menginformasikan keberadaan Anda pada orang-orang berniat buruk di internet. Tapi di satu sisi, Anda amat menyukai bermedsos. Tak ada salahnya. Namun Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini di sejumlah medsos, agar si penjahat tak bisa melacak lokasi.

Snapchat

Medsos ini tak mengizinkan Anda tag lokasi seperti Facebook atau Instagram. Tapi isi snap bisa membocorkan hal itu. Fitur geofilter bisa mengidentifikasi sebuah venue, area, atau event tertentu. Jika Anda membaginya ke ‘story’, ini bisa jadi masalah karena ada catatan waktu saat snap diunggah. Keberadaan Anda bisa dengan mudah dilacak.

Satu cara mengatasinya adalah mengunggah snap dalam mode airplane. Isi snap akan ‘tersimpan’ meski Snapchat belum punya fitur itu. Begitu internet tersambung, snap akan terunggah dengan klik ‘retry’ di postingan tersembut. Isi Story juga bisa disimpan ke galeri/camera roll ponsel. Snapchat secara otomatis menghapus postingan setelah 24 jam.

Instagram

Tag lokasi (geotag) pada Instagram tidak bersifat default. Di versi terdahulu, Instagram mengizinkan geotag foto dengan lokasi saat diunggah meski Anda tidak menyertakan lokasi tersebut. Artinya, bisa saja lokasi tak sengaja masuk tag dan tanpa disadari terlihat oleh publik. Cek hal ini dengan membuka ikon Photo Map (tab berbentuk pin lokasi) pada profil Instagram.

Jika ingin menghapus tag tersebut, pilih ‘edit’ di ujung kanan atas aplikasi dan pilih foto yang dimaksud. Hapus geotag dan ketuk ‘done’ untuk menyimpan. Instagram membuat peta ini hanya bisa diakses pemiliknya. Mereka juga hendak menyingkirkan fitur Photo Map, sehingga masalah ini akan selesai. Namun tak ada salahnya melakukan pencegahan sendiri.

Facebook dan Twitter

Jika Anda share lokasi pada postingan terakhir, pilihan itu secara otomatis akan terus dilakukan kedua medsos ini untuk postingan selanjutnya. Lokasi default adalah kota tempat Anda berada, bukan venue spesifik. Jika ingin lebih detil, Anda harus check-in dengan lokasi pada Facebook, atau menggunakan venue Foursquare pada Twitter.

Dengan begitu, postingan Anda bisa dicari berdasarkan lokasi. Amannya, jangan share sebelum Anda pindah ke lokasi lain. Selain menyingkirkan geotag umum, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menghindari membuat postingan yang bisa dengan mudah dilacak orang lain. Setidaknya hingga Anda tak lagi di tempat itu. Mungkin akan aman-aman saja jika lokasinya adalah sebuah event besar seperti konser.

Dalam kasus Kim Kardashian West, tak ada geotag pada postingannya. Namun, banyak pengguna internet bisa dengan mudah menebak lokasinya. Jika memang Anda tak yakin tentang sesuatu, maka lebih baik berhati-hati. Jangan ragu untuk menghapus postingan medsos jika memang tak yakin.