Jangan Takut Usia Bertambah Tua [everydayhealth]

Jangan Takut Usia Bertambah Tua

PinkKorset.com – Banyak orang merasa dihantui lilin di atas kue itu, hanya karena menyadari usia mereka bertambah. Haruskah Anda merasa takut atau resah karena semakin tua?

Mempertahankan usia muda seperti orang putus asa tak membuat diri Anda terlihat menarik. Bahkan aktor George Clooney (50) sudah menyampaikan pentingnya menyambut tambahan lilin di atas kue ulang tahun Anda.

“Saya sangat meyakini, Anda tak bisa terus berusaha tampak muda. Cobalah untuk tampil sebaik yang Anda bisa, sesuai usia masing-masing,” kata aktor yang terkenal karena rambutnya sudah beruban sejak usia muda ini.

Anda berusia paruh baya? Tirulah beberapa saran dan sikap positif George Clooney serta jutaan orang lainnya di dunia untuk aging gracefully.

Olah Raga

Kardio memang baik, tapi olah raga agar lebih kuat juga tak bisa ditinggalkan. Terutama jika sudah paruh baya. Di awal usia 30-an tahun saja, massa otot sudah berkurang hingga 5% per dekade. Menurut pakar pengobatan organ dalam, Ken Kim, setelah usia 45 tahun kita kehilangan 1% kekuatan otot per tahun. Kekuatan sangat penting agar tetap bisa melakukan aktivitas sehari-hari.

Stres Berkurang

Sejumlah studi menunjukkan, stres, baik dari pekerjaan maupun keluarga, bisa menyebabkan sel menua sehingga Anda tampak lebih tua. Stres juga menyebabkan lingkaran hitam pada mata, dehidrasi kulit, bahkan rambut rontok. Berhentilah sesaat dan ambil napas. Nikmati masa-masa tahun emas Anda.

Lepaskan Sesal dan Dendam

Takkan ada yang bisa move on ke masa depan jika masih terus melihat ke belakang. Belajar dari kesalahan, bukan terus mengulang-ulangnya di kepala. Seperti pepatah Zen, let go or be dragged. Anda bisa mencoba melepaskan penyesalan dan dendam dengan meditasi secara rutin. Awali pagi dengan indah agar terbantu untuk live in the moment.

Belajar Hal Baru Setiap Hari

Siapa bilang orang berusia lanjut tak bisa belajar hal baru? Teruslah merasa penasaran, coba hal-hal baru. Terjebak rutinitas monoton bisa menyebabkan stres. Mempelajari hal baru akan menambah rasa percaya diri. Selain itu, daya ingat akan membaik karena Anda tak melulu mengerjakan hal yang sama.

Dandanan Wajar

Semua orang ingin tampil menarik. Tapi jangan berlebihan. Cobalah untuk sebisa mungkin tampil natural dan menerima apapun perubahan pada tubuh seperti kerutan di sudut mata.

Stay Positive

Mengeluhkan bertambahnya usia takkan membuat angka itu mengecil. Pikiran yang positif, sebaliknya, membuat Anda menjadi orang yang lebih baik. Selain meningkatkan daya tahan tubuh dan memperpanjang usia. Mulailah melihat gelas setengah penuh, bukan setengah kosong.

Tidur Cukup

Jangan remehkan kekuatan tidur terhadap tubuh Anda. Tidur yang cukup mempengaruhi kondisi kulit, rambut, tenaga, mood dan banyak lagi. Pastikan kamar tidur benar-benar tempat untuk beristirahat. Singkirkan televisi atau laptop, sesuaikan suhu, serta usahakan kasur dan bantal nyaman.

Makan dan Minum Sehat

Orang lanjut usia cenderung memperhatikan makanan dan minuman mereka. Asupan makanan pun sehat dan pada akhirnya, memperpanjang usia. Pastikan mengonsumi makanan ‘pelangi’ alias kaya warna. Terutama kaya vitamin A, C, E, D, dan K.

Menerima Perubahan

George Clooney berkata, ia takkan menyemir rambutnya. Menurutnya, melakukan hal tersebut kadang membuat seseorang merasa buruk terhadap dirinya sendiri. Ketimbang mewarnai, cobalah mencari tatanan rambut yang menarik seperti menambah layer atau menggunakan poni. Toh, gaya rambut tahun 80-an belum ketinggalan jaman.