Karbohidrat Terbaik Untuk Turunkan Berat Badan

PinkKorset.com – Banyak yang menasehati untuk menghindari karbohidrat jika ingin menurunkan berat badan. Tapi ada beberapa sumber karbohidrat yang sebaiknya tetap dikonsumsi.

Sejatinya, diet adalah mengatur makanan dan bukan meniadakan beberapa elemen penting bagi tubuh. Karbohidrat biasanya dituding sebagai penimbun berat badan. Padahal ada beberapa karbohidrat yang sebenarnya baik untuk menurunkan berat badan, seperti berikut ini.

Barley. Selama berabad-abad, biji-bijian ini dikenal sebagai superfood. Berbagai riset membuktikan, konsumsi makanan berbahan baku barley yang kaya serat bisa menstimulasi hormon yang baik untuk mengatur napsu makan dan metabolisme. Dengan kata lain, Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Roti Whole-Grain. Ya, tidak semua roti buruk untuk diet. Studi oleh Penn State menunjukkan, orang yang makan roti whole-grains dan memadukannya dengan diet rendah kalori lebih cepat turun berat badannya. Konsumsi jenis roti ini secara teratur, menurut riset Harvard, akan menghindarkan Anda dari penyakit jantung.

Chickpeas (Kacang Arab). Sebuah studi di Kanada menunjukkan, memakan sejenis kacang-kacangan seperti chickpeas, lentil, kacang polong, dan kawan-kawan bisa mencegah makan berlebihan dan menjaga berat badan. Chickpeas bisa dijadikan pilihan cemilan alternatif, selain jenis kacang lain yang lebih populer.

Pear. Studi oleh Annals of Internal Medicine menyebutkan, orang dewasa yang mengonsumsi serat setidaknya 30 gram sehari bisa menurunkan berat badan sekitar 10 kg per tahun. Pear berukuran sedang memiliki enam gram serat lebih banyak ketimbang buah lain, termasuk apel.

Quinoa. Biji-bijian yang sering dimasukkan dalam daftar diet ini memiliki serat dua kali lipat ketimbang jenis sebangsanya. Selain itu, kaya protein. Anda tak perlu lagi mengonsumsi banyak daging demi asam amino untuk membentuk otot. Quinoa bisa melakukan. Semakin banyak otot, semakin banyak kalori yang dibakar.

Popcorn. Siapa bilang berondong jagung hanya snack ‘kosong’? Popcorn ternyata juga memiliki biji-bijian dan serat. Ngemil popcorn, menurut sebuah studi, lebih mengenyangkan ketimbang keripik kentang (potato chips).

Kacang Hitam. Kaya akan serat mudah larut yang terbukti bisa mengurangi timbunan lemak. Sehiingga menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Ubi. Satu ubi mengandung sekitar 27 gram karbohidrat. Riset membuktikan, ubi meninaikkan level hormon adiponectin yang membantu meregulasi gula darah sehingga metabolisme Anda lebih efisien. Ubi tidak mengandung lemak dan rendah kalori, serta sodium yang lebih sedikit ketimbang kentang.

Pasta Gandum. Banyak yang meniadakan pasta saat sedang diet. Namun jika memilih yang berbahan dasar gandum, menurut riset, terbukti menurunkan indeks massa tubuh. Pasta adalah bagian dari diet Mediterania yang memilih makanan berbasis tanaman dan lemak sehat. Untuk pilihan topping, pilih minyak zaitun dan sayuran.

Kacang Polong. Makanan yang satu ini terbukti penting. Setengah cup kacang poling mengandung protein dan serat masing-masing sekitar empat gram. Kacang polong membuat Anda kenyang leih lama. Selain itu juga sumber zinc, sumber hormon leptin.

Oat. Oatmeal memiliki reputasi sebagai comfort food yang mengenyangkan, menyebabkan Anda enggan menambah lagi. Hindari memilih oatmeal instan yang biasanya sudah ditambah gula. Gunakan kayu manis, almond butter, atau sesendok gula kelapa untuk menambah rasa. Bisa pula susu low fat dan buah-buahan.