Kecanduan Ponsel, Salah Siapa? [youtube]

Kecanduan Ponsel, Salah Siapa?

PinkKorset.com – Sebagian besar manusia di jaman modern ini tak bisa dipisahkan dari ponselnya. Banyak pula yang mengaku tak bisa hidup tanpa benda tersebut.

Ilmuwan pun menggelar studi untuk mencari tahu mengapa manusia kecanduan ponsel. Sebuah riset oleh Time tahun lalu menyebutkan, orang Amerika rata-rata memeriksa ponselnya 48 kali dalam sehari.

Secara umum, orang yang selalu memeriksa ponselnya memiliki masalah dalam mengendalikan impuls mereka. Studi yang dilansir Psychonomic Bulletin & Review meneliti impuls tersebut.

Terdapat 91 mahasiswa diminta menjawab kuisioner dan tes kognitif. Metode ini mengumpulkan data seberapa banyak mereka memeriksa ponselnya serta jumlah postingan di media sosial.

Mereka juga diuji kemampuannya menunda ‘suapan’ dengan menjawab rangkaian pertanyaan hipotesis yang berkaitan dengan uang, jumlah sedikit di masa kini atau menunggu hingga banyak. Pertanyaan ini menguji reaksi mereka terhadap stimuli.

Bisa diumpakan seperti analogi ini. Apakah Anda ingin memperoleh uang satu juta hari ini ataukah sepuluh juta pekan depan? Ternyata, sebagian besar ingin sekarang, tak peduli berapapun jumlahnya.

Psikolog Henry Wilmer dan Jason Chein dari Temple University yang menggelar studi ini menemukan, mahasiswa yang tak begitu tertarik dengan jumlah dan hanya ingin cepat menerima atau tak sabaran, biasanya paling sering memeriksa ponsel.

“Kebiasaan teknologi mobile, seperti selalu memeriksanya, mayoritas dikendalikan impuls yang tak bisa ditahan. Bukan keinginan untuk mendapatkan reward,” Wilmer menyimpulkan.

Chein yang memimpin studi ini menyatakan, ada sisi negatif terkait ketergantungan manusia terhadap teknologi. Sebab studi ini memperlihatkan adanya faktor individual terhadap penggunaan teknologi.

“Temuan ini konsisten dengan persepsi umum bahwa maniak ponsel biasanya tak sabaran dan impulsif,” paparnya.