Ketika Snapchat Melakukan ‘Makeover’ [eonline]

Ketika Snapchat Melakukan ‘Makeover’

PinkKorset.com – Salah satu media sosial yang sedang digemari ini mengubah namanya dari Snapchat menjadi Snap Inc. Mengapa?

Wall Street Journal melaporkan pada akhir pekan lalu, Snapchat resmi mengubah namanya menjadi Snap Inc. Selain itu, mereka juga akan merilis kaca mata yang bisa merekam video dan dinamai Spectacles.

Kabar ini berarti Snap sedang mempersiapkan diri melawan rival terbesarnya, Facebook. Jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini sedang serius berinvestasi di teknologi virtual reality dan membeli perusahaan Oculus VR pada 2014 lalu.

snapchat-spectacles

Tak seperti Oculus yang tertutup, Spectacles didesain untuk membuat orang berpartisipasi di dunia nyata. CEO Snap Evan Spiegel berkata, menggunakan ponsel untuk mengambil foto terasa seperti meletakkan dinding di depan mata.

“Pengguna Spectacles bisa merekam tanpa memegang apapun. Sehingga bisa menunjukkan obyek apapun yang ada dihadapannya,” kata Spiegel.

Secara keseluruhan, saat ini Snapchat masih memiliki 150 juta pengguna aktif. Sementara Facebook sudah memiliki 1,13 miliar pengguna aktif. Namun terjadi ledakan popularitas Snapchat di berbagai kelompok usia.

Ini karena penggunanya merasa bisa berbagai konten personal secara lebih tertutup kepada pengguna lainnya. Sementara Facebook membuat penggunanya bisa dicari oleh siapapun asalkan tahu nama mereka di media tersebut.

Selain itu, Snapchat dianggap hal yang sedang ngetren. Anak muda menggunakannya. Spectacles pun terlihat bagus dan tidak terlalu kaku seperti Google Glass, meski penjualannya terbatas.

“Ini upaya kami mencari tahu bagaimana bisa masuk dalam kehidupan orang dan melihat mereka menyukainya,” kata Spiegel, kepada Wall Street Journal.