Kiat Mengolah Daging Kambing [arkoveal]

Kiat Mengolah Daging Kambing

PinkKorset.com, Jakarta – Kendala memasak daging kambing tidak jauh dari aroma tak sedap dan teksturnya yang kenyal (alot). Semua masalah ini sirna dengan cara berikut.

Aroma tidak sedap (prengus) pada masakan berbahan dasar kambing menjadikan hidangan tersebut ‘dimusuhi’. Sehingga banyak orang tidak menyukai hidangan kambing.

Aroma khas ini muncul secara alami pada kambing maupun domba. Ada bagian kelenjar bau di sekitar tanduk hewan ini. semakin tua kambing maka aroma prengus semakin kuat.

Prengus dapat disingkirkan dengan teknik persiapan ini. Pastikan daging kambing tidak kontak dengan air atau dicuci. Mencuci daging kambing membuat daging menjadi alot.

Anda juga bisa menambahkan aneka bumbu seperti daun jeruk, daun salam, serai dan jahe untuk mengusir sisa prengus kambing.

Sementara daging kambing tua cenderung bertekstur kenyal. Anda dapat menyiasatinya dengan merendam maupun menumis daging bersama nanas parut. Metode ini ampuh memutus jaringan protein daging sehingga tekstur menjadi lunak.

Khusus bagian jeroan kambing, Anda perlu mencucinya dengan air mengalir hingga bersih. Kemudian jeroan direbus bersama bumbu dan rempah. Perebusan dilakukan 2-3 kali dengan air bersih. Proses ini berguna untuk menyingkirkan bau khas jeroan.