Kim Jong-un ‘Kehilangan’ Pasokan Jam Swiss [blogarama]

Kim Jong-un ‘Kehilangan’ Pasokan Jam Swiss

PinkKorset.com – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, tampaknya tidak bisa lagi menikmati hobinya mengoleksi jam mahal buatan Swiss.

Kim Jong-un, yang sering menjadi pemberitaan karena aksi kontroversialnya, kerap tertangkap kamera sedang memakai jam mahal.

Pemimpin Korea Utara ini memang dikenal tertarik dengan sejumlah aspek kebudayaan Barat. Apalagi Kim dan saudara perempuannya, Kim Yo-jong, yang sekarang menjadi pejabat tinggi partai, sama-sama dididik di Swiss.

Kesukaan Kim terhadap jam Swiss, bagi dirinya dan sebagai hadiah anggota partai, mencapai puncaknya saat dia mengeluarkan dana US$220.000 atau Rp2,8 miliar pada 2012.

Banyak pihak pun sejak lama mempertanyakan bagaimana barang tersebut dapat mencapai Korea Utara.

Namun, kegemarannya akan jam buatan Swiss harus dihentikan karena sanksi PBB terkait dengan proyek nuklir dan peluru kendali balistiknya.

Federation of the Swiss Watch Industry telah memastikan jam buatan mereka tidak bisa dikirimkan ke Korut lantaran sanksi penghentian ekspor, dan memang tidak satu jampun mencapai negara itu dalam dua bulan terakhir, lapor Radio Free Asia yang didukung Amerika Serikat.