Kolaborasi Kuliner Padang-Spanyol [PinkKorset]

Kolaborasi Kuliner Padang-Spanyol

PinkKorset.com, Jakarta – Padang dan Spanyol terkenal dengan sajian kuliner yang penuh cita rasa. Bagaimana bila kedua daerah ini berkolaborasi menyajikan hidangan baru?

Tentunya perpaduan kuliner mancanegara dengan cita rasa yang unik. Sebut saja saja sajian Croquetas de Rendang & Chupito de Salmorejo, Ensalada de Dendeng Kering, Sopa de Pescado al Estilo Padang, Brochetas de Pollo al Ajillo, atau Crepe de Crema de Coco & Jackfruit.

Kelima hidangan tersebut secara khusus disajikan oleh tiga mahasiswa kuliner asal Spanyol yang berkesempatan belajar masak di restoran Marco Padang.

Kegiatan yang menjadi putaran pertama setelah persiapan selama satu tahun ini, merupakan bagian dari strategi percepatan pengembangan wisata kuliner Indonesia, yakni untuk menciptakan duta kuliner mancanegara dengan tujuan mempromosikan kekuatan kuliner Indonesia.

“Supaya cepat globalisasikan makanan Indonesia,” kata Ketua Tim Percepatan Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata RI Vita Datau Messakh pada acara ‘Karya Kolaborasi Padang-Spanyol Ciptakan Seri Kuliner Unik’ di Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Program ini menjalin kerjasama dengan Akademi Kuliner gredos San Diego College, Spanyol selama lima tahun.

Mengapa Spanyol?

Vita menuturkan, sejak berabad-abad lalu, Spanyol adalah salah satu negara paling berpengaruh di dunia, khususnya dalam bidang kuliner.

Negara ini terkenal di bidang gastronomi setelah Prancis. Banyak bahasa maupun istilah di kamus gastronomi juga berasal dari Spanyol.

Salah satu akademi kuliner terbaik dunia, Basque Culinary Centre terletak di Spanyol. Bahkan United Nation World Tourism Organization (UNWTO) bermarkas di Madrid, Spanyol.

“Itu sebabnya kami pilih Spanyol,” ucap perempuan yang menjabat Ketua Akademi Gastronomi Indonesia tersebut.