Konflik Dua Kubu Superhero

PinkKorset.com – Mereka yang tadinya bahu membahu bersama menumpas kejahatan, mendadak berseberangan. Apa yang menyebabkan Captain America dan Iron Man bermusuhan?

James ‘Bucky’ Barnes (Sebastian Stan) di Captain America: The Winter Soldier (2014) dijadikan tentara super dan dicuci otaknya oleh Hydra, kelompok teroris di era Nazi. Pada 1991, Bucky, tadinya sahabat Steve Rogers (Chris Evans), diutus mencegat kendaraan yang membawa serum tentara super.

Di masa kini, tim Avengers sibuk mengejar Brock Rumlow (Frank Grillo), agen Hydra yang menyusup ke SHIELD. Mereke barusaha mencegah Rumlow mencuri senjata biologis dari sebuah lab di Lagos, Nigeria. Agar tak tertangkap, Rumlow bunuh diri dan menewaskan banyak pekerja kemanusiaan.

Kembali di markas, Avengers mendapat kabar buruk. Menlu Thaddeus Ross (William Hurt) menyampaikan rencana PBB untuk meloloskan Perjanjian Sokovia. Isinya, akan ada panel PBB untuk mengawasi dan mengendalikan Avengers. Tim pun terpecah belah akibat rencana tersebut.

Tony Stark (Robert Downey Jr.) setuju karena ia merasa bersalah atas Ultron dan hancurnya Sokovia sebagaimana dikisahkan dalam Avengers: Age of Ultron (2015). Sementara Rogers lebih percaya penilaiannya sendiri ketimbang pemerintah. Namun saat hendak disahkan dalam konferensi di Wina, sebuah insiden terjadi.

Bom meledak dan menewaskan Raja T’Chaka dari Wakanda. Rekaman kamera keamanan menunjukkan Bucky adalah pelakunya. Putra T’Chaka, T’Challa, bersumpah akan membalas dendam. Mengetahui hal ini, Rogers yang dibantu Sam Wilson si Falcon (Anthony Mackie) berusaha mencari Bucky.

Bucky tahu dalang pemboman. Captain America minta bantuan Scarlett Witch (Elizabeth Olsen), Hawkeye (Jeremy Renner), Ant-Man (Paul Rudd). Sementara Iron Man, Black Widow (Scarlett Johansson), War Machine (Don Cheadle), Vision (Paul Bettany), Black Panther (Chadwick Boseman), Spider-Man (Tom Holland) mengejar.

Kedua kubu ini saling bertempur dan berlangsung dengan sengit. Siapa yang menang? Apakah Avengers akan terpecah selamanya?

Begitu banyak tokoh Marvel yang muncul membuat film ini tampaknya lebih cocok menjadi salah satu seri Avengers. Bahkan hingga diplesetkan menjadi ‘Avengers 2,5’. Di sini kemampuan penulis skenario dan sutradar diuji. Bahwa bagaimanapun, Captain America adalah tokoh sentralnya.

Adegan aksi yang luar biasa sudah tentu akan memenuhi film ini, sebagaimana seri-seri sebelumnya. Salah satu yang patut disorot adalah hadirnya Spider-Man versi Tom Holland. Selain nampak seperti ‘anak bawang’ karena jarang disertakan, Peter Parker Holland disebut mirip komik. Bawel dan berisik.

Durasinya cukup panjang, 147 menit. Namun penggemar Marvel pastinya takkan kecewa. Dialognya juga tak melulu menegangkan, banyak banyolan yang membuat Anda betah di tempat duduk. Selamat menyaksikan!

Captain America: Civil War

Sutradara: Russo Brothers (Anthony & Joe)

Produser: Kevin Feige

Skenario: Christopher Markus dan Stephen McFeely berdasarkan ‘Captain America’ oleh Joe Simon & Jack Kirby

Pemeran: Chris Evans, RDJ, Scarlett Johansson, Sebastian Stan, Anthony Mackie, Don Cheadle, Jeremy Renner, Chadwick Boseman, Paul Bettany, Elizabeth Olsen, Paul Rudd, Emily VanCamp, Tom Holland, Frank Grillo, William Hurt, Daniel Bruhl

Produksi: Marvel Studios

Distribusi: Walt Disney Studios Motion Pictures