Kontrasepsi Lelaki Hadir Pada 2018 [medicalxpress]

Kontrasepsi Lelaki Hadir Pada 2018

PinkKorset.com – Akhirnya, varian kontrasepsi sementara untuk laki-laki bertambah. Selama ini, dunia hanya mengenal kondom.

Terobosan medis terbaru ini tambahan untuk kontrasepsi modern para lelaki, selain kondom dan vasektomi yang bersifat permanen. Vasalgel, begitu namanya.

Produk yang telah memperoleh hasil menjajikan saat diuji pada hewan ini dijanjikan pengembangnya, Parsemus Foundation, menjadi alat kontrasepsi tokcer.

Kondom yang diandalkan para lelaki masih memiliki rata-rata kegagalan yang berujung pada kehamilan sebesar 18% per tahun.

Sementara vasektomi yang memutus saluran sperma lelaki, merupakan prosedur yang tak bisa diulang alias hasilnya permanen.

Vaselgel merupakan alat kontrasepsi lelaki yang disuntikkan. Produk yang siap dijual pada 2018 ini terbuat dari molekul polymer berat.

Saat diuji pada kelinci, Vaselgel sukses meniadakan sperma di air mani hingga 29 hari masa pengujian berlangsung. Rencananya, tahun ini akan diujikan pada manusia.

Bagaimana Cara Kerjanya?

[parsemusfoundation]

[parsemusfoundation]

Gel polymer Vaselgel akan disuntikkan ke vas deferens, tabung yang dilalui sel sperma. Cairan tersebut akan menghalangi sperma.

Saat ejakulasi, sel sperma yang lebih besar dibandingkan molekul air, takkan mampu melewati blokir semi-permanen dari Vaselgel.

Ukuran ini amat penting karena vas deferens juga tabung tempat urine melintas. Sehingga urine dan air mani masih bisa lewat.

Sperma yang tersaring itu kemudian akan diserap kembali oleh tubuh.

Tak seperti alat kontrasepsi perempuan, Vaselgel juga tak mengandung hormon. Jika ingin berhenti memakainya, akan disuntikkan cairan lain untuk melarutkan Vaselgel.