Kritik dan Pujian Kostum Olimpiade Indonesia [usatoday]

Kritik dan Pujian Kostum Olimpiade Indonesia

PinkKorset.com – Kostum yang dikenakan kontingen Indonesia saat parade pembukaan Olimpiade Rio de Janeiro 2016, menuai kritik dalam negeri namun mendapat pujian kalangan asing.

Nuansa merah-putih dan emas mewarnai parade kontingen Indonesia ketika berparade (defile) masuk ke dalam Maracana Stadium. Seperti biasa, Indonesia selalu berupaya membawa nuansa daerah ke ranah internasional.

Jas yang mereka kenakan didominasi warna putih dengan motif parang berwarna merah di bagian bawahnya. Kemudian di depan tengah terdapat garuda merah. Tak ketinggalan logo Olimpiade di dada kanan.

Asesoris yang dikenakan hanyalah ikat kepala merah putih. Kontingen ini berjalan membawa bendera merah putih dan mengenakan celana merah.

Kritik dan Pujian Kostum Olimpiade Indonesia

 

Seragam tersebut merupakan hasil karya perancang Prima Suci Ariani.

Berbeda dengan mayoritas kontingen negara lain yang bergaya sporty yang stylish, rancangannya ini memang tampak cukup resmi.

Para netizen dalam negeri rupanya menganggap desain seragam ini terlalu ramai. Kritik pun berdatangan untuk Prima Suci Ariani.

Tak sedikit pula yang membandingkannya dengan negara-negara lain.

Kritik boleh saja mengalir. Saat parade, justru Indonesia adalah salah satu yang paling banyak disorot. Bahkan, termasuk salah satu dari 17 kostum terbaik yang ditulis oleh media USA Today.

Mungkin ada baiknya jika kita tidak terburu-buru mengkritik karya anak bangsa dan mulai melihatnya dari sisi lain. Sebab jika masyarakat dunia bisa memujinya, mengapa kita sendiri malah mengecamnya?