Lebaran 2016, Tol Jakarta-Brebes Siap Dilalui [Tol Pejagan-Pemalang]

Lebaran 2016, Tol Jakarta-Brebes Siap Dilalui

PinkKorset.com, Jakarta – Anda yang tahun ini berencana mudik Lebaran ke daerah Brebes dan sekitarnya, akan merasa terbantu.

Betapa tidak. Jalan tol Pejagan-Pemalang yang menghubungan akhir atau batas jalan tol Kanci-Pejagan hingga ke Brebes, ditargetkan rampung sebelum musim mudik Lebaran 2016.

Jalan tol sepanjang 57,50 km ini bakal melengkapi jaringan jalan tol Trans Jawa yang telah tersambung sebelumnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, tahun ini mudik dari Jakarta sampai Brebes sudah bisa tersambung tol terus. Bisa mengurangi beban di Jalur Pantura dan simpul-simpul kemacetan, seperti Simpang Jomin dan sebagainya.

“Sebelum mudik Lebaran jalan tol ini sudah selesai. Sekarang di lapangan, pekerjaan terus dikebut,” ujar Basuki.

Secara keseluruhan, ruas jalan tol Pejagan-Pemalang terdiri dari 4 seksi pekerjaan. Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), saat ini sedang dirampungkan seksi I dan II ‎sepanjang 20,25 km. Dengan perkembangan mencapai 75,27%, jalan tol Pejagan-Pemalang diperkirakan rampung pada 31 Mei 2016.

Saat ini juga sedang dilakukan proses pembebasan lahan di seksi III dan IV sepanjang 40 km, dengan perkembangan mencapai 39% di akhir 2015. Pembangunan lebih intensif akan dilakukan setelah dua ruas pertama rampung.‎