Manfaat Sentuhan pada Bayi [uberfacts]

Manfaat Sentuhan pada Bayi

PinkKorset.com, Jakarta – Sentuhan ibu kepada bayi berikan dampak positif bagi buah hati.

Sentuhan atau kontak antar kulit dengan kulit (skin to skin touch) ternyata banyak manfaatnya bagi perkembangan psikis dan motorik anak.

Terutama karena terdapat banyak ujung saraf sensorik dan motorik dari sentuhan.

“Sentuhan maupun pelukan mampu merangsang saraf tersebut. Sehingga memberikan sinyal di otak bangkitkan rasa aman dan nyaman,” kata dr. Titi Lestari Sugito, Sp.KK(K), Penasihat Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia – Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit & Kelamin (Perdoski) di Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Menurutnya, sentuhan juga dapat membantu menurunkan panas tubuh bayi. Dengan sentuhan, bayi merasa nyaman. Kenyamanan bayi ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sementara sentuhan ibu kepada bayi dapat mentransfer panas bayi ke tubuh ibu.

“Tetapi lihat dulu penyebab panas tubuh bayi,” sambungnya.

Dr. Titi menambahkan, kulit adalah cerminan dari semua respon dari dalam tubuh. Bayi yang nyaman, aman dan merasa disayang memiliki tanda kulit yang sehat. Ciri kulit sehat antara lain berseri, cerah, bersih, lembut, kenyal, halus dan tidak bersisik.

Selain memerhatikan faktor psikis, kesehatan kulit bayi juga diperoleh melalui perawatan kulit. Perawatan kulit bayi bermula sejak bayi dilahirkan meliputi kebersihan dan perlindungan. Kulit bayi sangat lembut dan rentan terhadap trauma kulit, seperti gesekan.

“Proteksi kulit bayi bisa menggunakan losion, krim dan popok yang tepat,” ujarnya.