Manfaat Tersembunyi Susu Segar

PinkKorset.com, Jakarta – Banyak orang dewasa menghindari minum susu segar karena takut gemuk.

Padahal cairan putih adalah sumber gizi lengkap.

Pakar Gizi, Emilia E. Achmadi MS., RD melansir beberapa kebaikan susu segar dari sapi yang bermanfaat untuk kesehatan, pertumbuhan dan daya tahan tubuh.

Sumber energi bagi atlet

Susu mengandung gula alami (laktosa) yang baik untuk atlet sebagai sumber energi, khususnya susu cokelat.

“Sejak 5 tahun lalu susu cokelat dinobatkan sebagai the best recovery drink untuk atlet. Diminum sebelum dan sesudah latihan,” katanya saat diskusi media The Anatomy of Fresh Milk bersama Greenfields di Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Protein susu menyehatkan

Terlepas dari orang dengan alergi protein susu sapi. Susu segar mengandung protein (whey dan kasein) yang bermanfaat bagi kesehatan.

“Susu meningkatkan sistem imun. Protein susu yang tinggi merendahkan tekanan darah tinggi,” katanya lagi.

Emilia menambahkan, standar seseorang dikatakan sehat apabila tidak mengalami penyakit infeksi lebih dari dua kali per tahun.

Manfaat vitamin untuk mata, kulit dan tulang

Emilia menjelaskan, susu mengandung vitamin A yang tak hanya baik untuk mata, tetapi juga kulit. Vitamin A berguna memperbaiki jaringan kulit dari dalam. “Minum susu segar bisa mengurangi jerawat dan meningkatkan kualitas kulit,” ucap ibu dua anak ini.

Sedangkan kandungan vitamin B kompleks bermanfaat membantu metabolisme energi dan bermanfaat untuk orang dengan anemia. “Anemia enggak cuma akibat kurang zat besi tetapi juga vitamin B kompleks,” ucapnya.

Begitu juga vitamin D untuk kesehatan tulang. Menurut Emilia, saat ini banyak perempuan usia muda terkena osteoporosis karena kekurangan vitamin D.

Mineral susu baik untuk tulang, jantung dan menjaga berat badan

Mineral susu termasuk kalsium, magnesium dan potassium. Kalsium tak hanya baik untuk tulang dan gigi, tetapi juga mencegah serangan jantung dan keram otot.

Magnesium pun memiliki fungsi sama seperti kalsium. Sedangkan potassium bermanfaat untuk mempertahankan kekuatan tulang.

Emilia menambahkan, minum susu menjaga berat badan, walaupun berat turun tetapi tulang tidak berkurang massanya.

Lalu, jenis susu apa yang menyimpan segudang manfaat ini?

Emilia menyebutkan, susu semakin dekat dengan bentuk natural maka semakin sehat. ia mencontohkan susu segar pasteurisasi sebagai pilihan utama. Pilihan lain adalah susu UHT.