Masakan Padang ala Spanyol

PinkKorset.com, Jakarta – Apa jadinya bila mahasiswa kuliner asal Spanyol belajar masakan Padang?  

Tiga mahasiswa dari Akademi Kuliner Gredos San Diego College, Spanyol berkesempatan belajar masak masakan Indonesia, tepatnya di restoran Marco Padang.

marco-padang-spanyolSelama enam pekan, Guerlemo Prado Yebra, Ruth Argiz Guillen dan Maria Almudena Sanchez Lopez  mengeksplorasi masakan Padang dengan menggabungkan teknik masak Spanyol dan tradisional Indonesia.

Salah seorang mahasiswa, Maria Almudena Sanchez Lopez menuturkan, masakan Indonesia sangat beragam bahan, rempah dan teknik masak. “Kami coba belajar masakan yang sama tapi alatnya berbeda,” ujarnya.

Sebagian besar masyarakat di Spanyol menggunakan oven dan alat masak dengan panas api atas (salamander). Sementara di Indonesia, mereka diajarkan memasak dengan teknik panggang di atas bara api sambil mengipasnya.

Pada akhirnya, mereka berhasil membuat menu fusion tanpa meninggalkan cita rasa Indonesia. Lima hidangan kreasi mereka pun cukup lezat di lidah. Apa saja?

Croquetas de Rendang & Chupito de Salmorejo

Randang Croquette & Shoot of Tomato Soup

Cita rasa khas Rendang tersisip di dalam kroket. Tekstur lembut berpadu dengan sensasi bumbu rendang yang kuat. Namun, jejak rasa tersebut kembali netral dengan rasa asam segar dari sup tomat.

marco-padang-spanyol,-kroket

Ensalada de Dendeng Kering

Jerk Meat Salad

Sajian salad dari kombinasi bahan khas Eropa seperti romaine lettuce, black olive, biji labu dan red turnip selaras dengan dendeng nan renyah.

marco-padang-spanyol,-salad

Sopa de Pescado al Estilo Padang

Fish Soup ala Padang

Orang-orang Spanyol menggemari seafood. Oleh karenanya sup ikan ini dihidangkan lengkap dengan sentuhan cita rasa Padang pada udang dan ikan baramundi bakar bumbu Panggan Pacak. Tekstur seafood yang lunak berpadu dengan rasa natural sup ikan ala Spanyol.

Brochetas de Pollo al Ajillo

Garlic Chicken Skewer

Usai menyantap sajian pembuka, saatnya sendok dan garpu beradu menyampur sajian berisi nasi putih asal Padang, sate dada ayam, bumbu kacang, acar dan emping. Kendati menggunakan dada ayam yang cenderung ‘kering’ tetapi rasanya tetap lezat dan lunak dengan dominasi rasa manis.

marco-padang-spanyol,-nasi

Crepe de Crema de Coco & Jackfruit

Crepe Served with Coconut Cream & Jackfruit

Satu buah crepe dengan whipped cream, puding agar-agar dan nangka iris menjadi hidangan penutup yang manis dan eksotis. Sirup merah dan rajangan daun mint menambah kesegaran.

marco-padang-spanyol,-crepe

Cita rasa unik dan eksotis kelima menu ini dihidangkan secara ekslusif. Restoran Marco Padang berencana mengembangkan menu tersebut dan memasukan ke dalam buku menu (menu reguler).