Inikah Masalah Kesehatan Terpenting? [mirror]

Inikah Masalah Kesehatan Terpenting?

PinkKorset.com – Hal yang satu ini pasti dilakukan semua orang. Mungkinkah hal ini menjadi tren kesehatan terbesar, tahun depan?

Tidur cukup akan membantu kesehatan tubuh dan pikiran. Tidur merupakan hal yang sangat powerful. Beberapa jam saja sudah meredakan stres dan kegelisahan yang sedang dialami.

Aktris Amerika Serikat (AS) yang menciptakan situs Goop, Gwyneth Paltrow, berpartner dengan label kosmetik dan perawatan kulit natural Juice Beauty, menuliskan sebuah artikel mengenai pentingnya tidur delapan jam.

Gaya hidup yang ia jalani, tulis Gwyneth, tak hanya berdasarkan makan sehat. Namun juga tidur sehat, setidaknya tujuh atau delapan jam perhari dengan kualitas yang baik. Menurutnya, tidur memegang peranan penting dalam menentukan selera dan energi.

“Tidur harusnya menjadi prioritas utama (untuk kesehatan), sebelum Anda memikirkan diet,” kata ibunda Apple dan Moses Martin ini.

Sudah terlalu banyak riset mengenai tidur yang membuktikan, kualitas tidur buruk berdampak negatif dalam setiap aspek hidup Anda. Menyebabkan hal-hal seperti naiknya berat badan, mood buruk, dan masalah serius terkait sistem imun.

Ilmuwan nutrisi Dr. Laura Lefkowitz mengatakan, sembilan jam adalah angka yang tepat. Ia menekankan pentingnya tidur, sebagai cara tubuh untuk detoks dan memperbaiki diri. Tidur juga penting agar wajah tampak lebih mudah.

Lelah akan menyebabkan stres yang menstimulasi kortisol serta insulin, hormon yang memicu tubuh untuk menyimpan lemak. Kurang tidur menyebabkan timbulnya perasaan lapar dan pada akhirnya, makan berlebih.

Dengan semua efek positifnya untuk tubuh, bagaimana jika seseorang memiliki masalah tidur atau tak memiliki cukup waktu untuk tidur penuh selama delapan jam? Dr. Lefkowitz merekomendasikan sejumlah hal.

Pertama, tidur dengan bantuan psikis seperti yoga nidra. Bentuk meditasi ini diyakini memberi semua manfaat tidur meski Anda sedang terbangun. Cukup berbaring, pejamkan mata dan fokus pada satu bagian tubuh.

Misalnya Anda pikirkan satu tangan, kemudian lengan, hingga ke wajah. Kemudian lanjut ke lengan lainnya, torso, hingga turun ke satu kaki, lalu kaki lainnya. Tip lain yang ia berikan adalah menghindari makan terlalu malam.

Hal ini mengganggu sistem pencernaan, membuatnya bekerja tak seefektif mestinya. Idealnya, ada jarak 12 jam dari makan malam ke makan berikutnya. Misal jika makan malam pukul 19.00, maka sarapan pukul 07.00.

“Jika memang terpaksa makan malam, aturan pertama adalah hindari gula,” katanya. Selain yoga dan menghindari makan, Anda juga bisa memilih bantal yang baik. Gwyneth menyarankan untuk mencoba clean sleeping sebagai resolusi 2017.

“Mungkin ini hanya untuk citra, mungkin untuk kesehatan. Tapi ketahuilah, ada hubungan antara perasaan dan penampilan saya setiap bagi saat bangun tidur,” papar aktris berambut pirang ini.