Masalah Kulit Saat Pancaroba [vienman]

Masalah Kulit Saat Pancaroba

PinkKorset.com, Jakarta – Pancaroba atau peralihan musim tidak hanya melemahkan daya tahan tubuh tetapi juga menurunkan kesehatan kulit.

Pakar Anti Aging dr. Febby Karina Panjaitan, M. Biomed (AAM) menjelaskan, peralihan musim hujan-kemarau atau sebaliknya menimbulkan cuaca tidak menentu yang menyebabkan angin besar, udara tidak sehat dan radiasi matahari meningkat.

“Biasanya yang banyak dikeluhkan adalah kulit kusam, kering dan bersisik” katanya kepada Pinkkorset di Jakarta beberapa waktu lalu.

Kondisi kusam, kering dan bersisik adalah beberapa tanda kulit tidak sehat. Kondisi ini dipicu akibat radiasi UV matahari bercampur dengan penumpukan lemak dan kotoran di kulit. Ada beberapa cara untuk menangani masalah kulit tersebut seperti facial satu hingga dua bulan sekali untuk mengangkat sel-sel kulit mati, penggunaan skin care seperti toner, pelembab dan sunscreen.

Sunscreen sangat penting digunakan ketika di luar maupun di dalam ruangan,” katanya.

Dr. Febby menyarankan, menggunakan sunscreen SPF 15 dengan pemakaian berulang setiap dua atau tiga jam dan dilakukan hingga empat kali per hari. Sunscreen bertujuan melindungi kulit dari bahaya sinar UV matahari maupun lampu untuk meminimalkan risiko flek pada kulit.

“Tapi tetap bersihkan kulit sebelum mengoles sunscreen agar tidak menyumbat pori-pori,” pungkasnya.