Masuk di Tol Senayan, Siapkan Uang Elektronik [merdeka]

Masuk di Tol Senayan, Siapkan Uang Elektronik

PinkKorset.com, Jakarta – Akhir Agustus 2016 Gerbang Tol Senayan, Jakarta Pusat hanya menerima transaksi dengan uang elektronik, guna efisiensi waktu.

Bagi Anda pemilik kendaraan roda empat yang akan melintas ruas tol melalui Gerbang Tol Senayan, Jakarta Pusat sebaiknya mempersiapkan uang elektronik, e-toll card.

Pasalnya, akhir Agustus 2016 pembayaran menggunakan uang tunai tidak berlaku lagi di gerbang tol tersebut. Langkah ini dipilih PT Jasa Marga sebagai upaya mengurangi antrean kendaraan pada jam-jam sibuk.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, kebijakan sistem pembayaran non-tunai bertujuan mempercepat proses transaksi dan terkait kebijakan nasional untuk meningkatkan transaksi non-tunai.

“Jika tunai, transaksi bisa 8-10 detik. Kalau pakai e-toll hanya 3-4 detik, setengahnya saja,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini Gerbang Tol Senayan memiliki tiga gerbang, dengan satu unit melayani transaksi tunai dan dua lainnya transaksi non-tunai. Namun, tiga gerbang tol ini sudah tidak mampu melayani jumlah kendaraan yang masuk setiap harinya. Alhasil kemacetan pun tidak dapat terhindarkan.

Kebijakan penghapusan transaksi non-tunai juga dipilih karena opsi penambahan gerbang tol sudah tidak memungkinkan.

Untuk mewujudkan kebijakan baru tersebut, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada para pengguna jalan tol. Diharapkan para pengendara tidak kaget dan menyiapkan alat pembayaran yang dibutuhkan.

Sebelumnya PT Jasa Marga juga sudah menerapkan kebijakan serupa di Gerbang Tol Semanggi 1, Jakarta Pusat, dimana para pengguna jalan hanya akan dilayani dengan sistem pembayaran non-tunai di dua gerbang tol yang ada.