Mazda MX-5 Mobil Terbaik Dunia [theguardian]

Mazda MX-5 Mobil Terbaik Dunia

PinkKorset.com – Mazda MX-5 yang baru saja diluncurkan di New York International Auto Show (NYIAS), dinobatkan sebagai mobil terbaik tahun ini.

Tak hanya dinobatkan sebagai mobil terbaik dunia tahun ini, mobil yang dikenal dengan sebutan Mazda Miata juga menyabet gelar desain mobil terbaik di dunia di ajang yang sama.

Mazda MX-5 menjadi mobil Jepang pertama yang meraih desain mobil terbaik dunia mengalahkan nominasi lainnya Mazda the CX-3 dan Jaguar XE. NYIAS diselenggarakan di Jacob Javits Center, New York, Amerika Serikat (AS), hingga 3 April.

Kemenang ini menjadi manis karena selama tiga tahun berturut-turut Mazda hanya menjadi finalis dan gagal meraih satu gelar pun. “Desain adalah pintu gerbang ketertarikan konsumen terhadap sebuah mobil,” ujar Direktur World Car of the Year  Siddharth Patankar.

Sementara itu, Mazda MX-5 berhasil mengalahkan Audi A4 dan Mercedes Benz GLC untuk mobil terbaik dunia.

“Kami bangga meraih penghargaan yang mengagumkan ini. Saya menerima penghargaan ini mewakili perusahaan dan juga karyawan Mazda, partner retail kami, dan tentu saja pemilik mobil Mazda di seluruh dunia,” ujar Masahiro Moro, Presiden Mazda Amerika Utara.

Penghargaan World Car of the Year ini meliputi 73 jurnalis dari 23 negara sebagai juri. Mazda Miata menjadi ikon mobil sport jepang di tahun 1990an yang berhasil mematahkan dominasi mobil-mobil Inggris. Sejak dirilis pada 1989, Miata terjual 1 juta unit di seluruh dunia.