Aktivitas Fisik yang Menyenangkan [thefieldseattle]

Aktivitas Fisik yang Menyenangkan

PinkKorset.com, Jakarta – Olahraga jadi tantangan bagi masyarakat perkotaan. Selain waktu, juga gerakan yang membosankan. Padahal, ada aktivitas yang menyenangkan, lho.

Dr. Grace Tumbelaka SpKO dari Perhimpunan Dokter Spesialis Olahraga mengatakan, aktivitas fisik rutin sangat penting dalam upaya menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit kronis. Sebut saja penyakit jantung, diabetes, hipertensi, atau penyakit sendi seperti osteoartitis.

Masalah kesehatan juga dihadapi kaum perempuan mulai dari obesitas, depresi, aging, osteoporosis, kanker dan demensia.

“Untuk mencegah penyakit-penyakit tadi, maka harus selalu aktif dan kalau bisa olahraga rutin,” ujarnya dalam diskusi media ‘Manfaat Olahraga Trampoline’ di Jumped Trampoline Fit Club, Scientia Square Park Serpong.

Menurutnya, olahraga mampu meningkatkan fungsi seluruh sel dalam tubuh yang dimanifestasikan dengan berbagai aspek fungsi organ tubuh yang membaik.

Misalnya meningkatkan sirkulasi darah maupun limfatik, menyusutkan lemak adipose di rongga perut, meningkatkan kardioresiprasi yang berdampak langsung pada kebugaran, memperbaiki profil lipid, meningkatkan sensitifitas insulin, dan sebagainya.

Untuk kesehatan otak, olahraga teratur dapat meningkatkan fungsi sel saraf, menurunkan tingkat kecemasan dan depresi serta dapat berfungsi sebagai psychoactive drugs.

Salah satunya meningkatkan hormon beta endorphin yang merupakan hormon yang meningkatkan rasa bahagia, dan di sisi lain meredam hormon pemicu stress.

Latihan fisik yang dianjurkan adalah latihan kardio atau aerobik minimal 150 menit per pekan. Namun, bagi Anda yang mudah bosan, ada pilihan olahraga yang bermanfaat sekaligus menyenangkan, yakni trampoline.

Selain memenuhi unsur kardio/aerobik, latihan trampoline berguna melatih kekuatan, keseimbangan dan kelenturan. Namun utamanya, olahraga ini memenuhi unsur fun sehingga sangat baik untuk dilakukan bersama seluruh anggota keluarga.