Menari dan Menyanyi Baik Untuk Anak [collegebound4kids]

Menari dan Menyanyi Baik Untuk Anak

PinkKorset, Jakarta – Anak banyak belajar dari lingkungan melalui kegiatan bermain. Salah satunya dengan menyanyi dan menari.

Bermain merupakan media bagi anak untuk mengetahui banyak hal. Sebab itulah, penting bagi orangtua untuk memilih permainan yang dapat merangsang tumbuh kembangnya. Psikolog anak Roslina Verauli, M.Psi mengatakan, orangtua masa kini harus punya tiga karakter dalam mengasuh anak.

Yakni menjadi partner yang interaktif, mampu memberikan arahan langsung pada anak, serta memberi kesempatan kegiatan yang dapat merangsang tumbuh kembang anak.

“Memasuki usia dua tahun, anak sudah mampu melakukan kegiatan bermain dan orangtua mesti terlibat,” ungkapnya dalam kampanye Bebehero Hi-5 di Jakarta.

Roslina menjelaskan, ketika bermain bersama anak sebaiknya melakukan aktivitas dengan risiko anak disalahkan seminimal mungkin. Permainan yang dapat dipilih adalah menari dan menyanyi yang memiliki kualitas seperti kegiatan lainnya.

Saat menyanyi anak belajar nada, ketukan dan irama serta memperoleh kemampuan berbahasa. Selain itu, anak mampu berkomunikasi dan melibatkan interaksi verbal serta kedekatan secara emosional antara ibu dan anak.

Ketika menyanyi, terdapat perkembangan keseimbangan, koordinasi motor, kepekaan serta irama tubuh. Hal tersebut dapat membuat anak jadi kompeten secara emosi dan sosial.

Anak akan mampu mengontrol emosi, meiliki emosi keakuan dan empati. Dia merasa dirinya kompeten dan mampu memahami emosi orang lain dalam kapasitas mereka.

Berangkat dari hal itu, Bebelac melakukan program Bebehero Hi-5. Program ini mengajak para ibu untuk berbagi cinta lewat tarian L.O.V.E untuk mendukung cepat tanggap dan rasa peduli si kecil.