Mencoba Resep Sus Ala Hotel [kuesus]

Mencoba Resep Sus Ala Hotel

PinkKorset.com, Jakarta – Sensasi lembut dan lezatnya sus ala hotel memang membekas di lidah. Namun jangan khawatir. Anda bisa ‘kok’ membuatnya sendiri di rumah.

Kini Anda tidak perlu bersusah payah membeli sus lezat di hotel berbintang maupun cake shop.

Executive Pastry Chef Pullman Hotel Jakarta Gerald A. Maridet memberikan tips bagaimana membuat sus yang lezat di rumah.

Tidak seperti resep sus umumnya yang tidak menggunakan susu. Gerald justru menambahkan susu agar kulit susu harum dan gurih. Bukan susu cair yang digunakan, melainkan susu bubuk.

Apa alasannya?

“Menggunakan susu bubuk akan menghasilkan kualitas rasa dan aroma yang sama ketimbang susu cair,” ucapnya saat Cooking Demo National Interprofessional Center for the Dairy Economy di Jakarta, baru-baru ini.

Selain itu, mengganti margarin dengan mentega (butter) akan meningkatkan kualitas rasa dan aroma sus. Berikut ini resep dan cara membuat Sus Ala Hotel.

Sus Ala Hotel (untuk 30 buah)

Kulit sus

320 gr air
5 gr gula pasir
5 gr garam
150 gr mentega (butter)
30 gr susu bubuk
180 gr terigu serbaguna
240 gr telur utuh

Créme Patisserie

400 gr susu cair
100 gr fresh cream
100 gr gula pasir
3 gr pala, diparut
120 gr kuning telur
45 gr maizena
45 gr terigu serbaguna

Cara membuat:

Sus:

  1. Siapkan panci dan masukkan air, susu bubuk, mentega, gula pasir dan garam. Masak hingga seluruh bahan larut, angkat dari kompor dan biarkan hingga uap panas hilang.
  2. Pindahkan adonan ke dalam mangkuk besar. Kemudian masukkan telur bertahap sambil dikocok dengan mixer.
  3. Masukkan adonan ke dalam kantung plastik segitiga (pepping bag). Cetak adonan kecil di atas loyang berlapis kertas roti.
  4. Panggang adonan sus pada suhu 190 derajat Celsius selama 20 menit hingga mengembang dan berwarna cokelat merata. Selanjutnya sus dipanggang kembali dengan suhu 175 derajat Celsius selama 15 menit hingga matang sempurna. Angkat dan dinginkan.

Créme Patisserie:

  1. Siapkan panci besar dan masukkan susu cair, fresh cream dan pala. Rebus semua bahan hingga mendidih, angkat dan sisihkan.
  2. Kocok kuning telur dan gula hingga berbuih. Lalu masukkan terigu dan maizena, aduk rata. Kemudian tuang susu hangat sambil diaduk rata.
  3. Rebus kembali campuran susu di atas api sedang selama lima menit hingga mengental. Angkat dan biarkan dingin.
  4. Ambil kulit sus dan isi dengan créme patisserie.

 

Catatan:

  • Anda dapat menyimpan sisa adonan di freezer. Bila ingin menggunakan kembali harus didiamkan suhu ruang hingga adonan lunak (defrosting).
  • Sisa créme patisserie perlu dilapisi dengan plastik wrap agar tidak berkerak saat disimpan di dalam chiller.
  • Fresh cream adalah produk cair turunan susu mengandung lemak tinggi. Biasanya dikemas dengan label bernama whipping cream.
  • Anda dapat menghias sus sesuai selera, seperti menaburkan gula bubuk maupun cokelat bubuk, mencelupkan ke dalam cokelat serta melapisnya dengan karamel.