Ribuan Bendera AS Masih Diimpor [theindychannel]

Ribuan Bendera AS Masih Diimpor

PinkKorset.com – Bagi sebuah negara besar seperti Amerika, ribuan bendera mereka masih dibuat di Tiongkok.

Menurut data pemerintah AS, bendera Amerika senilai US$$ 4 juta masih diimpor dari negara lain setiap tahunnya. Angka ini mewakili 10% dari semua bendera Amerika dijual.

Itu belum termasuk bendera kecil, pin, dekorasi taman, dan aksesoris merah putih, dan biru senilai puluhan juta dolar yang juga diimpor.

Tidak hanya bendera yang masih diimpor dari negara lain. Musim panas lalu, Veteran Angkatan Darat Peter Hollister memesan topi Angkatan Darat AS dari situs web pemerintah, dan barang yang dikirim ternyata buatan Tiongkok.

“Itulah hal yang paling mengganggu. Saya membeli di web resmi seharga US$ 29,95 dan masih mendapat barang buatan Tiongkok,” katanya.

Sebenarnya tidak ada hukum yang menentang hal itu. Terutama ketika sebuah perusahaan Tiongkok mampu membuat bendera seharga US$ 2, ketimbang biaya US$ 8 untuk membuatnya di AS. Hal ini adalah bisnis yang masuk akal untuk beberapa peritel.

Militer memang memiliki undang-undang yang mengharuskan seragam tentara dibuat di Amerika Serikat, tetapi tidak untuk item yang dijual ke masyarakat atau veteran.

Bagaimanapun, banyak peritel besar seperti Walmart mengaku sedang mencoba memastikan semua bendera Amerika di tokonya adalah buatan Amerika. Carilah yang berlabel “Made in USA,” atau “FMAA certified” ketika membeli bendera Amerika.

Pemilik toko bendera di Cincinnati, Matt Amann, mengatakan, tidak benar bahwa bendera buatan lokal lebih mahal, sembari menunjuk bendera di teras yang senilai US$ 10.

Ia pun mengklaim semua bendera di tokonya adalah buatan Amerika Serikat. “Semua bendera ini buatan Amerika Serikat. Ada yang dibuat di Georgia, Pennsylvania da New Jersey.”

Pelanggan seperti Chris Shea mengatakan, seharusnya ada perasaan tidak jujur saat Anda membeli bendera Amerika impor.  “Ada sesuatu yang sangat simbolis tentang membeli bendera yang benar-benar dibuat di sini (Amerika).”

Ya. Nasionalisme adalah hal penting. Apalagi bila itu menyangkut simbol penting kenegaraan. Saat Anda mendukung produk lokal, secara tidak langsung Anda pun mendukung negara Anda.

Belum Ada Berita Terkait