Menu di McDonald’s Terjamin Halal [PinkKorset]

Menu di McDonald’s Terjamin Halal

PinkKorset.com, Jakarta – Restoran cepat saji asal Amerika McDonald’s menjadi pelopor penerima sertifikat sistem jaminan halal (SJH) dari LPPOM MUI.

Setelah memperoleh sertifikat halal pada 1994 dan berhasil mempertahankan predikat A selama tiga kali berturut-turut, McDonald’s Indonesia tercatat sebagai yang pertama dianugerahi sertifikat sistem jaminan halal.

Sertifikat ini diberikan pada perusahaan yang telah mendapat sertifikasi halal dan menjamin kesinambungan produksi halal secara konsisten.

Ada lima aspek yang harus diuraikan secara tertulis dalam bentuk manual halal pada penerapannya yakni pernyataan kebijakan perusahaan tentang halal, panduan halal, sistem organisasi halal, uraian titik kendali kritis keharaman produk serta sistem audit halal internal.

Manual halal harus dibuat mendetil dan disesuaikan dengan kondisi tiap perusahaan agar dapat dilaksanakan dengan baik. Hal inilah yang menjadi dasar penilaian LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia).

“McDonald’s telah menjalani seluruh prosedur dan berhasil menjadikan produksi halal sebagai aktivitas sehari-hari yang telah menjadikanya sistem yang konsisten,” tutur Direktur LPPOM MUI, DR. Ir. Lukmanul Hakim saat penyerahan sertifikat SJH di Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Proses pemeriksaan menghabiskan waktu sekitar tiga bulan pada 168 otlet McDonald’s yang tersebar di seluruh Indonesia. Pemeriksaan dilakukan mulai dari surveyor bahan baku, proses produksi hingga makanan berada di tangan pelanggan.

mcdonald's-sertifikatSenior Director Supply Chain Quality Assurance-Operation-Procurement McDonald’s Indonesia, Bintang P. Aritonang menyatakan pencapaian sertifikat SJH merupakan wujud komitmen perusahaan kepada konsumen dalam menjamin kehalalan setiap produk. “Bagi kami, kenyamanan dan rasa aman konsumen merupakan hal penting saat berbelanja di Mc’Donalds,” ucapnya.

Sertifikat SJH ini berlaku selama empat tahun, berbeda dengan sertifikat halal yang bertahan dua tahun saja. Itu artinya McDonald’s mendapat sertifikat SJH sampai 2020 mendatang.