Menyulap Santan Jadi Krim Kocok [ititropicals]

Menyulap Santan Jadi Krim Kocok

PinkKorset.com, Jakarta – Siapa bilang para vegetarian tidak bisa makan enak. Mereka pun dapat menikmati sensasi lembutnya krim kocok santan layaknya dairy whipped cream.

Banyak kue-kue gaya Eropa yang lezat berlapis maupun berselimut krim kocok (whipped cream). Biasanya krim kocok dibuat dari krim susu (dairy whipping cream) dengan kandungan lemak minimal 35%. Produk cair ini dikocok dengan kaku dan kecepatan tertentu sehingga mengembang dan kaku menjadi krim.

‘Keajaiban’ perubahan bentuk dari cair menjadi krim ini juga bisa terjadi pada ‘susu’ di negara tropis. Ya. Santan pun dapat dikocok dan berubah bentuk menjadi krim yang lembut.

Pastry Chef Talita Setyadi mengatakan, syarat mengubah santan menjadi krim adalah menggunakan santan kental siap pakai (instant coconut cream). Santan ini disimpan di lemari es selama satu hari hingga bagian lemak dan cairan terpisah.

“Ambil bagian lemak santan yang mengapung. Lalu kocok hingga mengembang,” ujarnya usai acara Cooking Demo National Interprofessional Center for the Dairy Economy di Jakarta, Kamis (15/9/2016).

Menurut perempuan pemilik Beau Bakery ini, aplikasi krim kocok santan sama seperti krim kocok susu. Kandungan krim kocok ini juga lebih rendah ketimbang krim susu. “Krim kocok santan juga bisa dibuat vegan dessert,” sambungnya.

Anda dapat bereksperimen krim kocok santan ini dengan menambahkan perasa maupun dikombinasikan dengan dairy whipping cream. Kendati dapat diubah menjadi krim, rasa dan tekstur tetap berbeda dibandingkan dengan krim kocok susu.