Merah Putih Tak Hanya Milik Indonesia

PinkKorset.com, Jakarta – Indonesia bukan satu-satunya negara yang memiliki warna bendera merah dan putih.

Di dunia ini ada lima negara yang memiliki bendera dengan warna merah dan putih. Selain Indonesia, ada Monako, Polandia, Singapura dan Jepang.

Masing-masing negara memiliki bendera dengan motif yang berbeda. Hanya Indonesia dan Monako yang memiliki motif bendera sama, yaitu warna merah di bagian atas dan putih di bagian bawah. Bendera Polandia kebalikannya. Warna putih di  bagian atas dan merah di bagian bawah.

Singapura ada tambahan bulan dan lima bintang di bagian merahnya. Sementara bendera Jepang putih dengan bulatan merah di tengah.

Indonesia telah mengenal bendera merah putih sejak Kerajaan Majapahit pada abad 13 dan digunakan sebagai bendera nasional sejak 17 Agustus 1945.

Kemudian Monako mengenal bendera warna merah dan putih pada 1339 saat kekuasaan The House of Grimaldi. Sementara Polandia mengadopsi merah putih pada bendera nasional sejak 1831.

Singapura pertama kali mengadopsi bendera merah putih sejak 1959 ketika dikuasai Pemerintahan Inggris. Lalu, Jepang memiliki paduan merah dan putih pada benderanya sejak 27 Februari 1870.