MPV, Pilihan Ibu-Ibu Muda   [toyota]

MPV, Pilihan Ibu-Ibu Muda  

PinkKorset.com – Para ibu muda ternyata banyak yang jatuh cinta dengan kendaraan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV).

Tidak dipungkiri, para ibu muda memiliki banyak kegiatan. Selain mengurus anak dan kebutuhan dapur, kegiatan bersosialisasi dan merawat diri menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan.

Daftar kesibukan bertambah, bila Anda perempuan karier yang harus berkutat dengan urusan kantor setiap harinya.

Inilah alasan mengapa para ibu muda membutuhkan kendaraan yang bisa mendukung sederet aktivitasnya.

MPV dianggap pilihan ideal. Selain cukup fungsional, memiliki kabin luas dan kapasitas penumpang banyak, MPV memiliki desain yang mengutamakan kenyamanan.

Setidaknya hal ini yang menjadi pertimbangan Biba saat membeli kendaraan pribadinya. Ibu rumah tangga berusia 41 tahun ini memilih kendaraan jenis MPV karena kapasitas penumpang dan bagasinya yang luas. “Kalau kabin luas, otomatis muatnya banyak, kan,”katanya kepada PinkKorset.com.

Biba menuturkan, kegiatan kesehariannya cukup padat. Dari antar jemput anak sekolah dan les, belanja, hingga mengunjungi keluarga besarnya. Kabin yang luas dinilai bisa memenuhi semua kebutuhan tersebut.

“Jadi sudah ada anak dan barangnya, ditambah dua kakak saya dan barang belanjaan. Rasanya mobil sudah penuh aja.”

Senada dengan Wiwin. Sebagai sekretaris di perusahaan asing, ia harus selalu siap menghadapi bermacam situasi. Tak heran bila berbagai kemeja, dress hingga high heels terjajar rapi di mobilnya. ”Jadi, kalau tiba-tiba diminta menemani bos ke acara penting, saya sudah siap,”ujarnya.

Ibu dengan dua anak ini pun lebih memilih kendaraan dengan 7 seater, yang dianggap bisa lebih nyaman membawa seluruh anggota keluarganya jalan-jalan.

Tidak jauh berbeda dengan Puji yang menyukai MPV. Dosen sebuah universitas swasta ini menganggap kabin luas bisa mengakomodasi kebutuhannya ketika belanja bulanan atau saat bepergian dengan keluarga. Apalagi ia memiliki anak yang sangat aktif.

”Kalau punya anak tuh, lebih enak pakai mobil yang luas. Kayak anak saya, suka loncat dari tengah ke belakang, belakang ke tengah. Kalau mobilnya sempit, kan nggak bisa,”ujarnya.

Kenyamanan sebuah kendaraan juga menjadi faktor penting, karena Puji banyak menghabiskan waktu di mobil. “Jarak antara rumah ke kampus saya tuh jauh. Jadi saya merhatiin banget soal kenyamanan. Apakah tempat duduknya enak, AC dan speakernya gimana, suara bising di luar terdengar apa tidak,”katanya.

Mobil MPV digolongkan menjadi beberapa tipe, yakni Low MPV, Medium MPV, High MPV dan Luxury MPV.

Contoh kendaraan Low MPV misalnya Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Suzuki APV.  Sementara kendaraan kelas Medium MPV adalah Toyota Kijang Innova, Honda Freed, Nissan Grand Livina 1.8, Nissan Serena dan Isuzu Panther.

High MPV yang  diisi oleh pemain dari Jepang dan Eropa, menawarkan kemewahan, kenyamanan dan gengsi lebih tinggi dari medium MPV. Kendaraan dalam kelas ini adalah Volkswagen Touran, Mazda 5, Honda Odyssey, Toyota Previa, Hyundai H-1, Mitsubishi Grandis.

Sedangkan luxury MPV yang merupakan kelas termewah kendaraan MPV, diisi oleh Toyota Alphard/Vellfire, Nissan Elgrand, Mercedes Benz R-class, Volkswagen Caravelle